MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Al-Qur'an Lengkap

Penjelasan Al-Qur'an Lengkap
Add Comments
2/23/2017

Penjelasan Mengenai Al-Qur'an Lengkap

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.


Al-Qur’an adalah Kitab Suci Agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur’anmerupakan Puncak dan Penutup Wahyu Allah Swt, yang diperuntukkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman yang disampaikan kepada NabiMuhammad Saw, melalui Malaikat Jibril.

Al-Qur’an adalah Firman Allah Swt, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, yang berangsur angsur dalam bahasa arab yang menerangkan Hukum-hukum, 'Aqidah / I'tiqadiyah, nasehat dan lain lain dan menjadi mukjizat buat Nabi Muhammad Saw, dan menjadi pegangan Ummat Nabi Muhammad Saw,.

Al-Qur’an juga mempunyai beberapa nama yang sudah Tawqifi dan mempunyai banyak keutamaan keutamaan.

Struktur dan Pembagian Al Quran 
1.     Surah, Ayat dan Ruku’ Al-Qur’an
Al-Qur’an terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan nama Surat (Surah). Setiap Surah akan terdiri atas beberapa Ayat, di mana Surah terpanjang dengan 286 Ayat adalah Surah Al Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 Ayat yakni Surah Al Kautsar, An-Nasr dan Al-‘Asr. Surah-Surah yang panjang terbagi lagi atas sub bagian lagi yang disebut Ruku' yang membahas tema atau topik tertentu.

2.     Makkiyah dan Madaniyah
Sedangkan menurut tempat diturunkannya, setiap Surah dapat dibagi atas Surah-Surah Makkiyah(Surah Mekkah) dan Madaniyah(Surah Madinah). Pembagian ini berdasarkan tempat dan waktu penurunan Surah dan Ayat tertentu di mana Surah-Surah yang turun sebelum Rasulullah Saw, Hijrah ke Madinah digolongkan Surah Makkiyah sedangkan setelahnya tergolong surah Madaniyah. Surah yang turun di Makkah pada umumnya Surahnya Pendek-pendek, menyangkut Prinsip-prinsip Keimanan dan Akhlak, penggilannya ditujukan kepada Manusia. Sedangkan yang turun di Madinah pada umumnya Surahnya Panjang-panjang, menyangkut Peraturan-peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan Tuhan atau seseorang dengan lainnya (Syari’ah). Pembagian berdasar fase sebelum dan sesudah hijrah ini lebih tepat, sebab ada Surah Madaniyah yang turun di Mekkah.

3.     Juz dan Manzil
Dalam Skema pembagian lain, Al-Qur’an juga terbagi menjadi 30 bagian dengan panjang sama yang dikenal dengan nama Juz. Pembagian ini untuk memudahkan mereka yang ingin menuntaskan bacaan Al-Qur’an dalam 30 hari (Satu Bulan). Pembagian lain yakni Manzil memecah Al-Qur’an menjadi 7 bagian dengan tujuan penyelesaian bacaan dalam 7 hari (Satu Minggu). Kedua jenis pembagian ini tidak memiliki hubungan dengan pembagian subyek bahasan tertentu.

4.     Menurut Ukuran Surah
Kemudian dari segi Panjang-Pendeknya, Surah-Surah yang ada didalam Al-Qur’an terbagi menjadi Empat Bagian, yaitu: As Sab’uththiwaal (Tujuh Surah yang Panjang), yaitu Surah Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisaa’, Al-A’raaf, Al-An’aam, Al Maa-idah dan Yunus. Al Miuun (Seratus Ayat Lebih), seperti Surah Hud, Yusuf, Mu'min dan sebagainya. Al Matsaani (Kurang Sedikit dari Seratus Ayat), seperti Surah Al-Anfaal, Al-Hijr dan sebagainya. Al Mufashshal (Surah-Surah Pendek), seperti Surah Adh-Dhuha, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan sebagainya

Sejarah Al-Qur’an Hingga Berbentuk Mushaf
Al-Qur’an memberikan dorongan yang besar untuk mempelajari sejarah dengan secara adil, objektif dan tidak memihak. Dengan demikian tradisi sains Islam sepenuhnya mengambil inspirasi dari Al-Qur’an, sehingga umat Muslim mampu membuat sistematika penulisan sejarah yang lebih mendekati landasan Penanggalan Astronomis.

Al-Qur’antidak turun sekaligus. Al-Qur’an turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Oleh para ulama membagi masa turun ini dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah.

Periode Mekkah berlangsung selama 12 tahun Masa Kenabian Rasulullah Saw, dan surah-surah turun pada waktu itu tergolong Surah Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah yang dimulai sejak peristiwa hijrah berlangsung selama 10 tahun dan Surah yang turun pada kurun waktu ini disebut Surah Madaniyah. Penulisan (Pencatatan dalam Bentuk Teks) Al-Qur’ansudah dimulai sejak zaman Nabi Muhammad Saw,. Kemudian transformasinya menjadi teks yang dijumpai saat ini selesai dilakukan pada zaman Khalifah Utsman bin Affan.

Fakta-fakta tentang Al-Qur’an
Al-Qur’an Tersusun dari 30 Juz, 114 Surah, 554 Ruku` (ع/`Ain), 6236 Ayat, 77.439 Kata, 325.345 Huruf. (Kalangan ulama masih berbeda pendapat mengenai jumlah Ayat Al-Qur’an). Perbedaan penghitungan jumlah Ayat ini karena banyak Ulama yang belum sepakat apakah kalimat BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM yang ada di pembukaan surah dan huruf Alif Lam Mim, Alif Lam Ra, Yaa Sin, Shad, dan Qaaf termasuk Ayat atau bukan. Inilah yang menyebabkan adanya perbedaan mengenai jumlah Ayat. Namun demikian, hal itu tidak menimbulkan perpecahan di antara umat.

ATTBAYUN
1.      Huruf Terbanyak disebut dalam Al-Qur’an: Alif dan Nun;
2.      Huruf Paling Sedikit disebut dalam Al-Qur’an: Zha dan Ghin.
3.      Surah Terpanjang: Al-Baqarah (286 Ayat).
4.      Ayat Terpanjang: Al-Baqarah 282 (128 kata).
5.      Kata Terpanjang: Fasqaynaakumuuh pada Al-Hijr 22 (10 huruf).
6.     Wahyu Pertama: Surah Al-'Alaq:1 – 5, diturunkan di Gua Hira’ pada malam Senin 17 Ramadhan 13 SH (Sebelum Hijrah) atau 6 Agustus 610 M. 7.
7.    Wahyu Terakhir: Surah Al-Ma’idah: 3, diturunkan di Arafah pada hari Jumat 9 Dzulhijjah 10 H atau 6 Maret 632 M.

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Al-Qur'an Lengkap, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.