MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ali 'Imran dan Hubungannya dengan Surah An Nisaa'

Penjelasan  Lengkap Surah Ali 'Imran dan Hubungannya dengan Surah An Nisaa'
Add Comments
2/24/2017

Surah Ali 'Imran Ayat 1-9

Surah Ali 'Imran Ayat 10-15


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...


Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Ali ‘Imran secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah setelahnya yaitu Surah An Nisaa’. Langsung saja berikut penjelasan lengkapnya.

Surah Al-'Imran, Keluarga 'Imran


Surah Ali 'Imran yang terdiri dari 200 Ayat ini adalah Surah Madaniyyah. Dinamakan Ali 'Imrankarena Memuat Kisah Keluarga 'Imranyang di dalam Kisah itu disebutkan Kelahiran Nabi Isa a.s., Persamaan Kejadiannya dengan Nabi Adam a.s., Kenabian dan beberapa Mukjizatnya, serta disebut pula Kelahiran Maryam Puteri 'Imran, ibu dari Nabi Isa a.s. Surah Ali 'Imran merupakan Surah Ketiga didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Baqarah. Surah Al Baqarah dan Ali 'Imranini dinamakan Az Zahrawaani (Dua yang Cemerlang), karena Kedua Surah ini menyingkapkan Hal-hal yang disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti Kejadian dan Kelahiran Nabi Isa a.s., Kedatangan Nabi Muhammad Saw,. dan sebagainya.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Dalil-dalil dan Alasan-alasan yang membantah Orang Nasrani yang Mempertuhankan Nabi Isa a.s., Ketauhidan adalah Dasar yang dibawa oleh Seluruh Nabi.

2.       Hukum-hukum:
Musyawarah, Bermubahalah, Larangan Melakukan Riba.

3.       Kisah-kisah:
Kisah Keluarga 'Imran, Perang Badar dan Perang Uhud dan Pelajaran yang dapat diambil dari padanya.

4.       Dan lain-lain:
Golongan-golongan Manusia dalam memahami Ayat-Ayat Mutasyaabihaat, Sifat-sifat Allah Swt, Sifat Orang-orang yang Bertakwa, Islam Satu-satunya Agama yang Diridhai Allah Swt, Kemudharatan mengambil Orang-orang Kafir sebagai teman Kepercayaan, Pengambilan Perjanjian Para Nabi oleh Allah Swt, Perumpamaan-perumpamaan, Peringatan-peringatan terhadap Ahli Kitab, Ka'bah adalah Rumah Peribadatan yang Tertua dan Bukti-buktinya, Faedah mengingat Allah Swt, dan Merenungkan CiptaanNya.

Surah Ali Imran

Surah Ali 'Imran mengandung Dalil-dalil dan Alasan-alasan untuk Membantah Kaum Nasrani yang Memper-Tuhankan Nabi Isa a.s., menerangkan peperangan Badar dan Uhud, agar Kemenangan di Peperangan Badar dan Kekalahan di Peperangan Uhud yang dialami Kaum Muslimin itu dapat dijadikan Pelajaran.

Hubungan Surah Ali ‘Imran dengan Surah An Nisaa’
1.     Surah Ali 'Imran disudahi dengan Perintah Bertakwa, sesuai dengan Permulaan Surah An Nisaa'.
2.     Dalam Surah Ali 'Imran disebutkan Peperangan Badar dan Uhud dengan sempurna, keterangan mana sebahagiannya diulangi dalam Surah An Nisaa'.
3.    Dalam Surah Ali 'Imran dikisahkan Peperangan Hamraa-ul Asad yang terjadi setelah Perang Uhud, dan Peperangan itu disinggung pula dalam Surah An Nisaa'.
4.    Dalam Surah Ali 'Imran disebutkan bahwa banyak yang gugur di kalangan Kaum Muslimin sebagai Syuhadaa', yang berarti mereka meninggalkan Anak-anak dan Istri-istri mereka, maka dalam bahagian permulaan Surah An Nisaa' disebutkan Perintah Memelihara Anak Yatim serta Pembahagian Harta Pusaka.