MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Mu’minuun dan Hubungannya dengan Surah An Nuur

Penjelasan Lengkap Surah Al Mu’minuun dan Hubungannya dengan Surah An Nuur
Add Comments
3/21/2017

Surah Al Mu’minuun Ayat 1-17 


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salamkepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Mu’minuun secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah An Nuur. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Mu'minuun terdiri atas 118 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah. Surah Al Mu’minuunmerupakan Surah Ke-23 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Hajj. Dinamai Al Mu'minuun, karena Permulaan Ayat ini Manerangkan Bagaimana Seharusnya Sifat-sifat Orang Mukmin yang Menyebabkan Keberuntungan Mereka di Akhirat dan Ketenteraman Jiwa Mereka di Dunia. Demikian Tingginya Sifat-sifat itu, Hingga ia telah Menjadi Akhlak bagi Nabi Muhammad Saw,.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Kepastian Hari Berbangkit dan Hal-hal yang Terjadi pada Hari Kiamat, serta Allah Swt, Tidak Memerlukan Anak atau Sekutu.

2.       Hukum-hukum:
Manusia dibebani Sesuai dengan Kesanggupannya, Rasul-rasul Semuanya Menyuruh Manusia Memakan Makanan yang Halal lagi Baik, Pokok-pokok Agama yang dibawa para Nabi adalah Sama, Hanya Syariatnya yang Berbeda-beda.

3.       Kisah-kisah:
Kisah Nbai Nuh a.s., Kisah Nabi Hud a.s., Kisah Nabi Musa a.s. dan Nabi Harun a.s., serta kisah Nabi Isa a.s.

4.       Dan lain-lain:
Tujuh Perkara yang Harus dipenuhi, oleh Seorang Mukmin yang Ingin Mendapat Keberuntungan Hidup di Dunia maupun di Akhirat, Proses Kejadian Manusia, Tanda-tanda Orang yang Bersegera kepada Kebaikan, Nikmat Allah Swt, yang dianugerahkan kepada Manusia Wajib disyukuri.

Surah Al Mu’minuun

Surah Al Mu'minuun dimulai dengan Sifat-sifat yang dipunyai oleh Seorang Mukmin yang Berbahagia Hidup di Dunia dan di Akhirat. Sekalipun Allah Swt, Tidak Membeda-bedakan Pemberian Rezki di Dunia ini kepada Manusia Apakah ia Mukmin atau Kafir, Tetapi Kebahagiaan yang Sebenarnya Hanya diberikan kepada Orang-orang yang Mukmin di Akhirat Kelak.

Kemudian dikemukakan Apa yang telah dialami oleh Para Nabi dan Kaum-kaum kepada Siapa Mereka diutus, Orang-orang yang Mengikuti Nabi Selalu Mendapat Pertolongan dari Allah Swt, sedang Orang-orang yang Mengingkari Nabi dihancurkan dan dimusnahkan Allah Swt, agar Menjadi I'tibarbagi Umat-umat yang Datang Kemudian. Setelah Menggambarkan Kedahsyatan Hari Kiamat, Maka Surah ini ditutup dengan Menggambarkan Hasil yang diperoleh oleh Orang-orang Mukmin dan Orang-orang Kafir di Akhirat nanti.

Hubungan Surah Al Mu'minuun Dengan Surah An Nuur
1.   Pada Bagian Permulaan Surah Al Mu'minuun disebutkan Bahwa Salah Satu Tanda Orang-orang Mukmin itu ialah Orang yang Menjaga Kemaluannya, Sedang Permulaan Surah An Nuur Menetapkan Hukum Bagi Orang-orang yang Tidak Dapat Menjaga Kemaluannya yaitu Pezina Wanita, Pezina Laki-laki dan Apa yang Berhubungan dengannya, Seperti Menuduh Orang Berbuat Zina, Qishshatul ifki, Keharusan Menutup Mata terhadap Hal-hal yang Ada Hubungannya dengan Perbuatan Zina, Menyuruh agar Orang-orang yang Tidak Sanggup Melakukan Pernikahan Menahan Diri dan Sebagainya.
2.  Pada Surah Al Mu'minuun Allah Swt, Menegaskan Bahwa Dia Menciptakan Alam ini ada Hikmatnya, yaitu Agar Semua Makhluk yang diciptakan-Nya itu Melaksanakan Perintah-perintah dan Menghentikan Larangan-larangan-Nya, sedang Surah An Nuur Menyebutkan Sejumlah Perintah-perintah dan Larangan-larangan itu.