MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ar Ra'd dan Hubungannya dengan Surah Ibrahim

Penjelasan Lengkap Surah Ar Ra'd dan Hubungannya dengan Surah Ibrahim
Add Comments
3/03/2017

Surah Ar Ra'd Ayat 1-5


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...


Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Ar Ra’d secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Ibrahim. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Ar Ra'd ini terdiri atas 43 Ayat termasuk Golongan Surah-Surah Makkiyyah. Surah Ar Ra'd merupakan Surah Ketigabelas didalam Al-Qur’an Setelah Surah Yusuf. Surah ini dinamakan Ar Ra'd yang berarti Guruh karena dalam Ayat 13 Allah Swt, Berfirman yang artinya “Dan Guruh itu Bertasbih Sambil Memuji-Nya”, Menunjukkan Sifat Kesucian dan Kesempurnaan Allah Swt,. Dan lagi sesuai dengan Sifat Al-Qur’an yang mengandung Ancaman dan Harapan, maka demikian pulalah halnya Bunyi Guruh itu Menimbulkan Kecemasan dan Harapan kepada Manusia. Isi yang terpenting dari Surah ini ialah Bahwa Bimbingan Allah Swt, kepada Makhluk-Nya Bertalian Erat dengan Hukum Sebab dan Akibat. Bagi Allah Swt, Tidak Ada Pilih Kasih dalam Menetapkan Hukuman. Balasan atau Hukuman adalah Akibat dan Ketaatan atau Keingkaran terhadap Hukum Allah Swt,.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Allah-lah yang Menciptakan Alam Semesta serta Mengaturnya, Ilmu Allah Swt, Meliputi Segala Sesuatu, Adanya Malaikat yang Selalu Memelihara Manusia yang Ddatang Silih Berganti yaitu Malaikat Hafazhah, Hanya Allah Swt, yang Menerima Do’a dari Hamba-Nya, Memberi Taufiq Hanya Hak Allah Swt, Sedang Tugas Rasul Menyampaikan Agama Allah Swt,.

2.       Hukum-hukum:
Manusia dilarang Mendoakan yang Jelek-jelek untuk Dirinya, dan Kewajiban Mencegah Perbuatan-perbuatan yang Mungkar.

3.       Kisah-kisah:
Kisah Pengalaman Nabi-nabi Zaman Dahulu.

4.       Dan Lain-lain:
Beberapa Sifat yang Terpuji, Perumpamaan bagi Orang-orang yang Menyembah Berhala dan Orang-orang yang Menyembah Allah Swt, dan Allah Swt, Tidak Merobah Nasib sesuatu Bangsa Sehingga Mereka Merobah Keadaan Mereka Sendiri.

Surah Ar Ra'd - Guruh

Surah Ar-Ra'd Lebih Banyak Menitik Beratkan pada Pembuktian Kebenaran Keesaan Allah Swt, Kepastian akan Terjadinya Hari Berbangkit. Dijelaskan pula Tugas-tugas Para Rasul dan Kebenaran dari Kitab-kitab Suci yang dibawa Mereka. Terhadap Mereka yang Ingkar dan Memusuhi Para Nabi-nabi itu, diterangkan Bahwa Mereka Pasti Mengalami Kegagalan dan Kehancuran.

Hubungan Surah Ar Ra'd Dengan Surah Ibrahim
1.      Dalam Surah Ar Ra'ddisebutkan bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dalam Bahasa Arab, sebagai Pemisah antara yang Baik dengan yang Bathil, sedangkan Hikmah Menurunkan dalam Bahasa Arab itu belum dijelaskan dalam Surah Ar Ra'd. Namun, Dalam Surah Ibrahim Hikmah itu dijelaskan.
2.   Dalam Surah Ar Ra'd Allah Swt, Mengatakan Bahwa Seorang Rasul Tidak akan Dapat Melakukan Suatu Mukjizat tanpa Izin dari Allah Swt, Maka dalam Surah IbrahimPara Rasul Menegaskan Bahwa Beliau-beliau adalah Manusia Biasa, Tak dapat Mendatangkan Suatu Mukjizat tanpa Izin Allah Swt,.
3.   Dalam Surah Ar Ra'd disebutkan Bahwa Nabi Muhammad Saw, Menyerukan agar Manusia Bertawakkal kepada Allah Swt, dan dalam Surah Ibrahim, Nabi Muhammad Saw, Menerangkan Bahwa Para Rasul Bertawakkal hanya kepada Allah Swt,.
4.      Dalam Surah Ar Ra'dAllah Swt, Menyebutkan Perbuatan-perbuatan Makar Orang-orang Kafir, maka di Surah Ibrahim diulangi lagi, dan disebutkan pula Sifat-sifat Mereka yang tidak tersebut dalam Surah Ar Ra'd itu.