MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah At Taubah dan Hubungannya dengan Surah Yunus

Penjelasan Lengkap Surah At Taubah dan Hubungannya dengan Surah Yunus
Add Comments
3/02/2017

Surah At Taubah Ayat 1-6

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah At Taubah secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah setelahnya yaitu Surah Yunus. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah At Taubah

Surah At Taubah terdiri Atas 129 Ayat termasuk Golongan Surah-surah Madaniyyah. Surah At Taubah merupakan Surah Kesembilan didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Anfaal. Surah ini dinamakan At Taubah yang berarti Pengampunan Berhubung Kata At Taubah Berulang Kali disebut dalam Surah ini. Dinamakan juga dengan Baraah yang berarti Berlepas diri yang di sini Maksudnya Pernyataan Pemutusan Perhubungan, disebabkan Kebanyakan Pokok Pembicaraannya tentang Pernyataan Pemutusan Perjanjian Damai dengan Kaum Musyrikin.

Di Samping Kedua Nama yang Masyhur itu ada lagi beberapa Nama yang Lain yang Merupakan Sifat dari Surah ini.

Berlainan dengan Surah-surah yang lain, maka pada Permulaan Surah ini tidak Terdapat Basmalah, karena Surah ini adalah Pernyataan Perang dengan Arti Bahwa Segenap Kaum Muslimin dikerahkan untuk Memerangi Seluruh Kaum Musyrikin, Sedangkan Basmalah Bernafaskan Perdamaian dan Cinta Kasih Allah Swt,.


Surah ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad Saw,. Kembali dari Peperangan Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H. Pengumuman ini disampaikan oleh Saidina 'Ali r.a. pada Musim Haji Tahun itu Juga.

Selain daripada Pernyataan Pembatalan Perjanjian Damai dengan Kaum Musyrikin itu, maka Surah ini Mengandung Pula Pokok-pokok Isi sebagai berikut:
1.       Keimanan:
Allah Swt, Selalu Menyertai Hamba-hambanya yang Beriman, Pembalasan atas Amalan-amalan Manusia hanya dari Allah Swt, Segala Sesuatu Menurut Sunnatullah, Perlindungan Allah Swt, Bagi Orang-orang yang Beriman, Kedudukan Nabi Muhammad Saw, di sisi Allah Swt,.

2.       Hukum-hukum:
Kewajiban Menafkahkan Harta, Macam-macam Harta dalam Agama serta Penggunaannya, Jizyah, Perjanjian dan Perdamaian, Kewajiban Umat Islam terhadap Nabinya, Sebab-sebab Orang Islam Melakukan Perang Total, Beberapa Dasar Politik Kenegaraan dan Peperangan dalam Islam.

3.       Kisah-kisah:
Nabi Muhammad Saw, dengan Abu Bakar r.a. di Suatu Gua di Bukit Tsur ketika Hijrah; Perang Hunain (Perang Authas atau Perang Hawazin), Perang Tabuk.

4.       Dan lain-lain:
Sifat-sifat Orang yang Beriman dan Tingkatan-tingkatan Mereka.

Surah At Taubah

Surah At Taubah Mengandung Pernyatan Pembatalan Perjanjian Damai oleh Nabi Muhammad Saw, dengan Kaum Musyrikin, Karena Mereka Tidak Memenuhi Syarat-syarat Perjanjian Damai pada Perjanjian Hudaibiyyah. Selanjutnya Surah At Taubah Mengandung Hukum Peperangan dan Perdamaian, Hukum Kenegaraan, Keadaan Nabi Muhammad Saw, di waktu Hijrah, dan Kewajiban Menafkahkan Harta dan Orang-orang yang Berhak Menerimanya.

Hubungan Surah At Taubah Dengan Surah Yunus
1.     Akhir Surah At Taubah ditutup dengan Menyebutkan tentang Risalah Nabi Muhammad Saw, dan Hal-hal Serupa disebutkan Pula pada Akhir Surah Yunus.
2.    Surah At TaubahMenyebutkan Keadaan Orang-orang Munafik serta Menerangkan Perbuatan Mereka di waktu Al-Qur’an diturunkan, sedang Surah Yunus menerangkan sikap Orang Kafir terhadap Al-Qur’an.