MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Huud dan Hubungannya dengan Surah Yusuf

Penjelasan Lengkap Surah Huud dan Hubungannya dengan Surah Yusuf
Add Comments
3/03/2017

Surah Huud Ayat 1-5


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...


Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Huud secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Yusuf. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Huud

Surah Huud termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, terdiri dari 123 Ayat dan merupakan Surah Kesebelas didalam Al-Qur’an Setelah Surah Yunus. Surah ini dinamai SurahHuud karena ada Hubungan dengan terdapatnya Kisah Nabi Huud a.s. dan Kaumnya dalam Surah ini terdapat juga Kisah-kisah Nabi yang lain, seperti Kisah Nabi Nuh a.s., Nabi Shaleh a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Luth a.s., Nabi Syu'aib a.s. dan Nabi Musa a.s.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       KeImanan:
Adanya 'Arsy Allah Swt, Kejadian Alam dalam 6 Phase, Adanya Golongan-golongan Manusia di Hari Kiamat.

2.       Hukum-hukum:
Agama Membolehkan Menikmati yang Baik-baik dan Memakai Perhiasan Asal Tidak Berlebih-lebihan, Tidak Boleh Berlaku Sombong, Tidak Boleh Mendo’a atau Mengharapkan Sesuatu yang Tidak Mungkin Menurut Sunnah Allah Swt,.

3.       Kisah-Kisah:
Kisah Nabi Nuh a.s. dan Kaumnya, Kisah Nabi Huud a.s. dan Kaumnya, Kisah Nabi Shaleh a.s. dan Kaumnya, Kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Kaumnya, Kisah Nabi Syu'aib a.s. dan Kaumnya, Kisah Nabi Luth a.s. dan Kaumnya, Kisah Nabi Musa a.s. dan Kaumnya.

4.       Dan Lain-lain:
Pelajaran-peIajaran yang diambil dari Kisah-kisah Para Nabi, Air Sumber Segala Kehidupan, Sholat itu Memperkuat Iman serta Firman Allah Swt, yang Berhubungan dengan Kebinasaan Suatu Kaum.

Surah Hud mengandung Hal-hal yang Berhubungan dengan Pokok-pokok Agama, Seperti: Ketauhidan, Kerasulan, Hari Berbangkit, Kemudian dihubungkan dengan Da'wah yang telah dilakukan oleh Para Nabi kepada Kaumnya.

Hubungan Surah HuudDengan Surah Yusuf
1.   Kedua Surah ini Sama-sama dimulai dengan Aliif Laam Raa dan kemudian diiringi dengan Penjelasan tentang Al-Qur’an.
2.      Surah Yusuf Menyempurnakan Penjelasan Kisah Para Rasul yang disebut dalam Surah Huddan Surah Yusuf, Kemudian Kisah itu dijadikan dalil untuk Menyatakan bahwa Al-Qur’an itu adalah Wahyu Ilahi, Tidak Ada lagi sesudah Nabi Muhammad Saw, Nabi-nabi atau Rasul-rasul yang diutus Allah Swt,.
3.     Perbedaan Kedua Surah ini dalam menjelaskan Kisah-kisah Para Nabi ialah Bahwa dalam Surah Huddiutarakan Kisah beberapa Orang Rasul dengan Kaumnya dalam Menyampaikan Risalahnya, Akibat-akibat bagi Orang yang Mengikuti Mereka dan Akibat bagi Orang yang Mendustakan, kemudian dijadikan Perbandingan dan Khabar yang Mengancam Kaum Musyrikin Arab beserta Pengikut-pengikutnya. Dalam Surah Yusufditerangkan tentang Kehidupan Nabi Yusufyang Mula-mula dianiaya oleh Saudara-saudaranya yang Kemudian Menjadi Orang yang Berkuasa yang Dapat Menolong Saudara-saudaranya dan Ibu Bapaknya. Pribadi Nabi Yusuf a.s. ini harus dijadikan Teladan oleh Semua yang Beriman kepada Nabi Muhammad Saw,.