MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Yunus dan Hubungannya dengan Surah Huud

Penjelasan Lengkap Surah Yunus dan Hubungannya dengan Surah Huud
Add Comments
3/03/2017

Surah Yunus Ayat 1-3

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Yunus secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah setelahnya yaitu Surah Huud. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Yunus


Surah Yunus terdiri atas 109 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah Kecuali Ayat 40, 94, 95, yang diturunkan pada Masa Nabi Muhmmad Saw, berada di Madinah. Surah Yunus merupakan Surah Kesepuluh didalam Al-Qur’an Setelah Surah At Taubah. Surah ini dinamai Surah Yunus karena dalam Surah ini Terutama ditampilkan Kisah Nabi Yunus a.s. dan Pengikut-pengikutnya yang Teguh Imannya. 

Pokok-Pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Al-Qur’an Bukanlah Sihir, Allah Swt, Mengatur Alam Semesta dari Arasy-Nya, Syafa'at Hanyalah dengan Izin Allah Swt, Wali-wali Allah Swt, Wahyu Allah Swt, yang Menerangkan yang Ghaibkepada Manusia, Allah Swt, Menyaksikan dan Mengamat-amati Perbuatan Hamba-hambanya di Dunia, serta Allah Swt, Tidak Mempunyai Anak.

2.       Hukum:
Menentukan Perhitungan Tahun dan Waktu dengan Perjalanan Matahari dan Bulan, Hukum Mengada-adakan Sesuatu terhadap Allah Swt, dan Mendustakan Ayat-ayatnya.

3.       Kisah-Kisah:
Kisah Nabi Nuh a.s. dengan Kaumnya, Nabi Musa dengan Fir'aun dan Tukang-tukang Sihir, Kisah Bani Israil setelah ke luar dari Negeri Mesir dan Nabi Yunus a.s. dengan Kaumnya.

4.       Dan Lain-lain:
Manusia Ingat kepada Allah Swt, di waktu Kesukaran dan Lupa di waktu Senang, Keadaan Orang-orang Baik dan Orang-orang Jahat di Hari Kiamat, Al-Qur’an Tidak dapat ditandingi, Rasul hanya Menyampaikan Risalah.

Surah Yunus Mengandung Hal-hal yang Berhubungan dengan Pokok-pokok Kepercayaan, Lenyapnya Syirik, Pengutusan Rasul, Hari Berbangkit, Hari Pembalasan dan Hal-hal yang Berhubungan dengan Pokok-pokok Agama Sebagaimana Biasa didapati dalam Surah-surah Makkiyyah.

Hubungan Surah Yunus Dengan Surah Huud
1.  Kedua Surah ini Sama-sama dimulai dengan Alif Laam Raa, Kemudian diiringi dengan Menyebutkan Risalah Nabi-nabi yang diutus Allah Swt, dan Menerangkan Kedudukan Para Rasul Sebagai Pemberi Kabar Gembira dan Pemberi Peringatan.
2.    Kedua Surah ini pada Pertengahannya Sama-sama Menerangkan tentang Keingkaran Orang-orang Kafir terhadap Al-Qur’an, Bantahan terhadap Anggapan Kepalsuan Risalah Para Rasul, Keingkaran Kaum Musyrikin terhadap Pokok Agama. Kemudian Kedua Surah ini Sama-sama ditutup dengan Seruan Agar Mengikuti Rasul, Bersabar terhadap Semua Tindakan Jahat Kaum Musyrikin, Istiqaamah dan Bertawakkal kepada Allah Swt,.
3.      Sama-sama Menerangkan Kisah Para Nabi, Tetapi Kisah Ppara Nabi disebut dalam Surah Huud Bersifat Menjelaskan Apa yang telah ada dalam Surah Yunus. Pada Umumnya Apa yang diutarakan dalam Surah Huud Merupakan Penjelasan dari Apa yang Telah disebut dalam Surah Yunus.