MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ash Shaffaat dan Hubungannya dengan Surah Shaad

Penjelasan Lengkap Surah Ash Shaffaat dan Hubungannya dengan Surah Shaad
Add Comments
6/02/2017

Surah Ash Shaaffaat Ayat 1-7 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Ash Shaaffaat secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Shaad. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Ash Shaaffaat terdiri atas 182 Ayat termasuk Golongan Surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al An'aam. Surah Ash Shaaffaat Merupakan Surah Ke-37 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Yaasiin. Dinamai dengan Ash Shaaffaat (yang Bershaf-shaf) ada Hubungannya dengan Perkataan Ash Shaaffaat yang terletak pada Ayat Permulaan Surah ini yang Mengemukakan Bagaimana Para Malaikat yang Berbaris di Hadapan Tuhannya yang Bersih Jiwanya, Tidak dapat digoda oleh Syaitan. Hal ini Hendaklah Menjadi I'tibar bagi Manusia dalam Menghambakan dirinya kepada Allah Swt,.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Dalil-dalil tentang Ke-Esaan Allah Swt, adanya Hari Berbangkit, Adanya Padang Mahsyar dan Adanya Hari Kiamat, serta Malaikat-malaikat selalu Bertasbih kepada Allah Swt,.

2.       Kisah-kisah:
Kisah Nabi Nuh a.s., Kisah Nabi Ibrahim a.s.; dan Nabi Ismail a.s.; Kisah Nabi Musa a.s. dan Nabi Harun a.s., Kisah Nabi Ilyas a.s., Nabi kisah Luth a.s., serta Kisah Nabi Yunus a.s.

3.       Dan lain-lain:
Sikap Orang-orang Kafir terhadap Al-Qur’an, Tuduh Menuduh antara Orang-orang kafir dengan Pengikut-pengikutnya di Hari Kiamat, Kenikmatan di Surga, tentang Pohon Zaqqum, Celaan terhadap Orang-orang yang Mengatakan Bahwa Allah Swt, Beranak, Seorang yang Baik belum tentu Menurunkan Keturunan yang Baik pula.

Surah Ash Shaaffaat

Surah Ash Shaaffaat Mengemukakan tentang Ke-Esaan Tuhan dan dari Bukti-bukti tersebut dapat diambil kesimpulan Bahwa Tauhid akan Menang. Dari Kisah-kisah yang dikemukakan Surah ini dapat diambil Kesimpulan Bahwa Kaum yang Menentang Rasulnya akan Hancur. Begitu pula Halnya dengan Kaum Musyrik Mekah yang Menentang Nabi Muhammad Saw, akan Mengalami Kehancuran.

Hubungan Surah Ash Shaaffaat Dengan Surah Shaad
1.       Dalam Surah Ash Shaaffaatdisebutkan Kisah para Nabi, sedang Surah ShaadMenyebutkan Kisah Nabi-nabi yang Belum disebutkan pada Surah Ash Shaaffaat, seperti Kisah Nabi Daud a.s. dan Nabi Sulaiman a.s. dan Lain-lain.
2.  Dalam Surah Ash Shaaffaatditerangkan Bahwa Orang-orang Musyrik sebelum diutusnya Rasulullah Saw, selalu Mengatakan, Andaikata Mereka Mempunyai sebuah Kitab Pemberi Peringatan di antara Kitab-kitab yang telah diturunkan kepada Orang-orang dahulu, Mereka akan Taat sedang dalam Surah Shaad ditegaskan Bahwa Al-Qur’anlah Kitab yang Lebih Sempurna yang seharusnya Mereka taati andaikata Mereka Jujur dalam Pengakuannya itu.
3.   Dalam Surah Ash Shaaffaatditerangkan Bahwa sesudah datang kepada Orang-orang Musyrik Mekah Al-Qur’anyang Memberi Peringatan tetapi Mereka Mengingkarinya, sedang dalam Surah Shaad diterangkan Sebab-sebab Keingkaran Mereka.