MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Yaasiin dan Hubungannya dengan Surah Ash Shaffaat

Penjelasan Lengkap Surah Yaasiin dan Hubungannya dengan Surah Ash Shaffaat
Add Comments
6/02/2017

Surah Yaasiin Ayat 1-12

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Yaasiin secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Ash Shaaffaat. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Yaasiin terdiri atas 83 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Jin. Surah Yaasiin Merupakan Surah Ke-36 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Faathir. Dinamai Yaasiinkarena dimulai dengan Huruf Yaa Siin. Sebagaimana Halnya arti Huruf-huruf Abjad yang terletak pada Permulaan Beberapa Surah Al-Qur’an, maka demikian pula arti Yaasiin yang terdapat pada Ayat Permulaan Surah ini, yaitu Allah Swt, Mengisyaratkan Bahwa Sesudah huruf tersebut akan dikemukakan Hal-hal yang Penting antara lain: Allah Swt, Bersumpah dengan Al-Qur’an Bahwa Muhammad Saw, Benar-benar Seorang Rasul yang diutus-Nya kepada Kaum yang Belum Pernah diutus kepada Mereka Rasul-rasul.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Bukti-bukti adanya Hari Berbangkit, Al-Qur’an Bukanlah Syair, Ilmu, Kekuasaan dan Rahmat Allah Swt, Syurga dan Sifat-sifat-Nya yang disediakan Bagi Orang-orang Mukmin, Mensucikan Allah Swt, dari Sifat-sifat yang Tidak Layak bagi-Nya, Anggota Badan Manusia Menjadi Saksi pada Hari Kiamat atas Segala Perbuatannya di Dunia.

2.       Kisah-kisah:
Kisah Utusan-utusan Nabi Isa a.s dengan Penduduk Anthakiyah.

3.       Dan lain-lain:
Tidak ada Faedah Peringatan Bagi Orang-orang Musyrik, Allah Swt, Menciptakan segala sesuatu Berpasang-pasangan, Semua Bintang-bintang di Cakrawala Berjalan pada Garis Edar yang telah ditetapkan Allah Swt, Ajal dan Hari Kiamat Datangnya secara Tiba-tiba, Allah Swt, Menghibur Hati Rasulullah Saw, terhadap Sikap Kaum Musyrikin yang Menyakitkan Hatinya.

Surah Yaasiin

Surah Yaasiin Mengemukakan tentang Al-Qur’an, Kanabian Muhammad Saw, Menegaskan adanya Hari Berbangkit disertai Bukti-buktinya Baik Bukti-bukti Alamiyah maupun Bukti-bukti Akliyah, Kemudian Mengemukakan Beberapa Perumpamaan diantaranya dengan Mengemukakan Kisah Utusan-utusan Nabi Isa Almasih a.s dengan Penduduk Anthakiyah. Kesemuanya dikemukakan sebagai Penghibur Hati Rasulullah Saw, dan untuk Menambah Keyakinan Orang-orang yang Beriman yang sedang Mengalami Tekanan-tekanan dari Kaum Musyrikin.

Hubungan Surah Yaa Siin Dengan Surah Ash Shaffaat
1.       Pada Surah Yaa Siin disebut secara Umum tentang Umat-umat yang telah dihancurkan Allah Swt, karena Ingkar kepada-Nya, Sedang Surah Ash ShaffaatMenjelaskannya dengan Menyebut Kisah-kisah Nabi Nuh a.s., Nabi Isa a.s. dengan Kaumnya.
2.       Pada Akhir Surah Yaasiindisebut secara Umum Keadaan Orang-orang Mukmin dan Orang-orang Kafir di Hari Kiamat, sedang Surah Ash Shaffaat Menjelaskannya.
3.  Pada Surah Yaasiin disebutkan tentang Kekuasaan Allah Swt, Membangkitkan Manusia dan Menghidupkannya kembali, karena Dia-lah yang Menciptakan Mereka dan Dia-lah yang Menghendaki demikian, sedang Surah Ash Shaffaat Menjelaskan Lebih Luas dengan Mengemukakan Contoh-contoh yang Berhubugnan dengan itu.