MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ad Dukhaan dan Hubungannya dengan Surah Al Jaatsiyah

Penjelasan Lengkap Surah Ad Dukhaan dan Hubungannya dengan Surah Al Jaatsiyah
Add Comments
7/26/2017

 Surah Ad Dukhaan Ayat 1-18

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang SurahAd Dukhaan secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahAl Jaatsiyah. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Ad Dukhaan terdiri atas 59 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Az Zukhruf. Surah Ad Dukhaan Merupakan Surah Ke-44 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Az Zukhruf. Dinamai Ad Dukhaan (Kabut), diambil dari perkataan Dukhaan yang terdapat pada Ayat 10 Surah ini.

Menurut Riwayat Bukhari secara ringkas dapat diterangkan sebagai berikut: Orang-orangKafir Mekah dalam menghalang-halangi Agama Islam dan menyakiti serta Mendurhakai Nabi Muhammad Saw, sudah melewati batas, karena itu Nabi Berdo’a kepada Allah Swt, agar diturunkan Azab sebagaimana yang telah diturunkan kepada Orang-orang yang Durhaka kepada Nabi Yusuf a.s yaitu Musim kemarau yang Panjang. Do'a Nabi itu dikabulkan Allah Swt, sampai Orang-orang Kafir memakan Tulang dan Bangkai, karena Kelaparan. Mereka selalu menengadah ke langit mengharap pertolongan Allah Swt,. Tetapi tidak satupun yang Mereka lihat kecuali kabut yang menutupi pandangan Mereka.

Akhirnya Mereka datang kepada Nabi agar Nabi memohon kepada Allah Swt, supaya Hujan diturunkan. Setelah Allah Swt,Mengabulkan Do’a Nabi, dan hujan di turunkan, Mereka kembali Kafir seperti semula, karena itu Allah Swt, Menyatakan Bahwa nanti Mereka akan diazab dengan azab yang pedih.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Dalil-dalil atas Kenabian Muhammad Saw, Huru-hara dan Kehebatan Hari Kiamat, pada Hari Kiamat hanya Amal-amal Seseorang yang dapat menolongnya,Azab dan Penderitaan yang ditemui Orang-orangKafir di Akhirat serta Nikmat dan Kesenangan yang diterima Orang-orangMukmin.

2.       Hukum-hukum:
KisahNabi Musa a.s dengan Fir'aun dan Kaumnya.

3.       Dan lain-lain:
Permulaan turunnya Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar,Orang-orangKafir hanya Beriman kalau Mereka ditimpa Bahaya, kalau Bahaya telah hilang MerekaKafir kembali,serta dalam Penciptaan Langit dan Bumi itu terdapat Hikmat yang Besar.

Surah Ad Dukhaan

Surah Ad Dukhaan dimulai dengan Menyebut Keagungan Al-Qur’an. Kaum Quraisy karena tidak mengikuti seruan Nabi Muhammad Saw, Nabi mendoakan agar didatangkan Musim Kemarau yang panjang, kemudian MerekaBeriman dan mengharap agar Nabi Berdo’a kepada Allah Swt, agar diturunkan Hujan, setelah Hujan diturunkan, MerekaKafir kembali, lalu Mereka diancam Allah Swt, dengan Kehancuran. Kisah Fir'aun dan Kaumnya disebutkan di sini sebagai peringatan bagi Mereka.

Hubungan Surah Ad Dukhaan Dengan Surah Al Jaatsiah
Kedua Surah ini hampir sama isi dan maksudnya, seperti menjelaskan keterangan mengenai adanya Allah Swt, dan Kekuasaan-Nya, Sikap OrangKafir terhadap seruan Nabi Muhammad Saw,serta Ancaman kepada Orang-orangKafir dan Siksaan hebat yang Mereka derita pada Hari Kiamat.