MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Ahqaaf dan Hubungannya dengan Surah Muhammad

Penjelasan Lengkap Surah Al Ahqaaf dan Hubungannya dengan Surah Muhammad
Add Comments
7/28/2017

Surah Al Ahqaaf Ayat 1-8

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Ahqaaf secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahMuhammad. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

SurahAl Ahqaaf terdiri dari 35 Ayat termasuk Golongan Surah-surahMakkiyyah, diturunkan sesudah SurahAl Jaatsiyah. Surah Al AhqaafMerupakan Surah Ke-46 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Jaatsiyah. Dinamai Al Ahqaaf (Bukit-bukit Pasir) dari Perkataan Al Ahqaaf yang terdapat pada Ayat21Surah ini.

Dalam Ayat tersebut dan Ayat-ayat sesudahnya diterangkan Bahwa Nabi Hud a.s. telah menyampaikan risalahnya kepada Kaumnya di Al Ahqaaf yang sekarang dikenal dengan Ar Rab'ul Khaali, tetapi Kaumnya tetap ingkar sekalipun Mereka telah diberi peringatan pula oleh Rasul-rasul yang sebelumnya. Akhirnya Allah Swt, menghancurkan Mereka dengan tiupan Angin Kencang. Hal ini adalah sebagai Isyarat dari Allah Swt, kepada KaumMusyrikin Quraisy BahwaMereka akan dihancurkan bila Mereka tidak mengindahkan seruan Rasul.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Dalil-dalil dan Bukti Keesaan Allah Swt, dan BahwaPenyembah-penyembah Berhala adalah Sesat,Orang-orangMukmin akan mendapat Kebahagiaan dan Orang-orangKafir akan diazab,Risalah Nabi Muhammad Saw, tidak hanya terbatas kepada Umat Manusia saja, tetapi juga kepada Jin.

2.       Hukum-hukum:
Perintah kepada Manusia supaya patuh kepada Ibu Bapak, Memuliakannya dan Mengerjakan apa yang diridhai Allah Swt, terhadapnya dan Larangan Menyakiti Hatinya.

3.       Kisah-Kisah:
Kisah Nabi Hud a.s. dan Kaumnya.

4.       Dan lain-lain:
Orang yang mementingkan kenikmatan Hidup Duniawi saja akan merugi kelak di Akhirat,Orang-orang yang Beriman kepada Allah Swt, dan Beristiqamah dalam kehidupannya tidak ada Kekhawatiran terhadap Mereka dan Mereka tidak bersedih hati.

Surah Al Ahqaf

Surah Al Ahqaaf menerangkan tentang diturunkannya Al-Qur'an daripada Allah Swt, dan Imannya Segolongan Jin kepada Nabi Muhammad Saw,Keimanan, Kebatilan, Syirik, pernyataan BahwaRisalah Nabi Muhammad Saw, adalah dari Allah Swt, Perintah Allah Swt, supaya menghormati Orang tua dan Mendoakannya, memperingatkan KaumMusyrikin tentang Azab yang telah ditimpakan kepada Kaum Hud. Dan Surah ini ditutup dengan Nasehat keharusan bersabar bagi Nabi Muhammad Saw,.

Hubungan Surah Al Ahqaaf Dengan Surah Muhammad
Hubungan Surah Al Ahqaaf dengan Surah Muhammad ialah pada Surah Al Ahqaaf Allah Swt, mengancam Orang-orang Kafir dengan Kebinasaan, pada Permulaan Surah Muhammaddisebutkan Bahwa Allah Swt, Membinasakan Semua Orang Kafir dan Allah Swt, Memerintahkan Nabi Muhammad Saw, memerangi Mereka.