MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Fath dan Hubungannya dengan Surah Al Hujuraat

Penjelasan Lengkap Surah Al Fath dan Hubungannya dengan Surah Al Hujuraat
Add Comments
7/28/2017

 Surah Al Fath Ayat 1-9

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Fath secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Hujuraat. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

SurahAl Fath terdiri atas 29 Ayat, termasuk Golongan Surah-surahMadaniyyah, diturunkan sesudah SurahAl Jum'ah. Surah Al FathMerupakan Surah Ke-48 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Muhammad. Dinamakan Al Fath (Kemenangan) diambil dari perkataan Fat-han yang terdapat pada AyatPertama Surah ini. Sebagian besar dari Ayat-ayatSurah ini menerangkan hal-hal yang berhubungan dengan Kemenangan yang dicapai Nabi Muhammad s.a.w. dalam Peperangan-peperangannya.

Nabi Muhammad Saw, sangat gembira dengan turunnya AyatPertama Surah ini. Kegembiraan ini dinyatakan dalam Sabda beliau yang diriwayatkan Bukhari:Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu Surah, yang Surah itu benar-benar lebih aku cintai dari seluruh apa yang disinari matahari. Kegembiraan Nabi Muhammad Saw, itu ialah karena Ayat-ayatnya menerangkan tentang Kemenagan yang akan diperoleh Nabi Muhammad Saw, dalam Perjuangannya dan tentang Kesempurnaan Nikmat Allah Swt, kepadanya.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Allah Swt,Mempunyai Tentara di Langit dan di Bumi,Janji Allah Swt, kepada Orang-orangMukmin BahwaMereka akan mendapat Ampunan Tuhan dan Pahala yang Besar,Allah Swt,Mengutus Nabi Muhammad Saw, sebagai Saksi, Pembawa Berita gembira dan Pemberi Peringatan,sertaAgama Islam akan Mengalahkan Agama-agama lain.

2.       Hukum-hukum:
OrangPincang dan Orang-orang yang Sakit dibebaskan dari Kewajiban Berperang;

3.       Kisah-Kisah:
Kejadian-kejadian sekitar Bai'aturridhwan dan Perdamaian Hudaibiyyah.

4.       Dan lain-lain:
Berita Gembira yang disampaikan Allah Swt, kepada Nabi Muhammad Saw, Bahwa dia bersama-sama OrangMukmin akan memasuki kota Mekah dengan Kemenangan, dan hal ini memang terlaksana setelah setahun kemudian, sikap Orang-orangMukmin terhadap sesama Mukmin dan sikap Mereka terhadap Orang-orangKafir,Sifat-sifat Nabi Muhammad Saw, dan Para Sahabatnya sudah disebutkan dalam Kitab Taurat dan Injil,Janji Allah Swt,BahwaOrang Islam akan menguasai Daerah-daerah yang sewaktu Nabi Muhammad Saw, belum dikuasai;

Surah Al Fath

SurahAl FathMenerangkan tentang Peristiwa-peristiwa yang Berhubungan dengan Perdamaian Hudaibiyah dan Janji Allah Swt, akan Kemenangan KaumMuslimin. Surah ini ditutup dengan menerangkan Sifat-sifat Nabi MuhammadSaw, dan Sahabat-sahabatnya.

Hubungan SurahAl Fath Dengan SurahAl Hujuraat
1.    Di dalam SurahAl fath disebutkan Perintah memerangi Orang-orangKafir, sedang dalam SurahAl Hujuraat disebutkan Perintah mengadakan Perdamaian antara Dua Golongan dari KaumMuslimin yang Bersengketa, dan Perintah memerangi Golongan KaumMuslimin yang berbuat aniaya kepada Golongan KaumMuslimin yang lain, sampai terjaga selalu Kesatuan dan Persatuan Umat Islam.
2.    SurahAl Fathditutup dengan keterangan mengenai Sifat-sifat Rasulullah Saw, dan Sahabat-sahabatnya, sedang SurahAl Hujuraat dimulai dengan bagaiman seharusnya para Sahabat bergaul dengan Nabi Muhammad Saw,.