MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Hujuraat dan Hubungannya dengan Surah Qaaf

Penjelasan Lengkap Surah Al Hujuraat dan Hubungannya dengan Surah Qaaf
Add Comments
7/28/2017

Surah Al Hujuraat Ayat 1-4

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Hujuraat secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Qaaf. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Hujuraat terdiri atas 18 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Madaniyyah, diturunkan sesudah Surah Al Mujaadalah. Surah Al Hujuraat Merupakan Surah Ke-49 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Fath. Dinamai Al Hujuraat diambil dari perkataan Al Hujuraat yang terdapat pada Ayat 4 Surah ini. Ayat tersebut mencela para sahabat yang memanggil Nabi Muhammad Saw, yang sedang berada di dalam kamar rumahnya bersama Isterinya. Memanggil Nabi Muhammad Saw, dengan cara dan dalam keadaan yang demikian menunjukkan sifat kurang hormat kepada Beliau dan mengganggu ketenteraman Beliau.

Pokok-Pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Masuk Islam harus disempurnakan dengan Iman yang sebenarnya.

2.       Hukum-hukum:
Larangan mengambil keputusan yang menyimpang dari ketetapan Allah Swt, dan Rasul-Nya, keharusan meneliti sesuatu perkabaran yang disampaikan oleh Orang yang Fasik,Kewajiban mengadakan islah antara OrangMuslim yang bersengketa karena Orang-orang Islam itu Bersaudara,Kewajiban mengambil tindakan terhadap Golongan KaumMuslimin yang bertindak aniaya terhadap Golongan KaumMuslimin yang lain,Larangan Mencaci, Menghina, dsb,Larangan berburuk Sangka, serta bergunjing dan memfitnah dll.

3.       Dan lain-lain:
Adab Sopan Santun Berbicara dengan Rasulullah Saw,. Allah Swt, menciptakan ManusiaBersuku-suku dan Berbangsa-bangsa agar satu sama lain kenal-mengenal, setiap Manusia sama pada sisi Allah Swt, kelebihan hanya pada Orang-orang yang Bertakwa, sertaSifat-sifat Orang-orang yang Sebenar-benarnya beriman.

Surah Al Hujuraat - The Inner Apartment

SurahAl Hujuraat menerangkan tentang Akhlak yang Baik yang Berhubungan dengan Sikap OrangMukmin terhadap Allah Swt, Nabi Muhammad Saw, sikap Mereka terhadap Saudara-saudara MerekaSeagama, Sopan Santun dalam Pergaulan dan Pergaulan antar Bangsa. Juga Surah ini menerangkan bagaimana sikap Orang-orangMukmin dalam menerima Berita dari Orang-orang fasik. Kemudian Surah ini ditutup dengan menerangkan Hakekat iman dan Keutamaan Amal Orang-orangMukmin.

Hubungan SurahAl Hujuraat Dengan SurahQaaf
1.  Pada akhir SurahAl Hujuraat disebutkan bagaimana Keimanan Orang-orang Badui dan sebenarnya MerekaBelum Beriman. Hal ini dapat membawa kepada bertambahnya Iman Mereka dan dapat pula menjadikan MerekaOrang yang mengingkari Kenabian dan Hari Berbangkit, sedang pada awal SurahQaaf disebutkan beberapa sifat OrangKafir yang mengingkari Kenabian dan Hari Berbangkit.
2.  SurahAl Hujuraat lebih banyak menguraikan Soal-soal Duniawi sedang SurahQaaf lebih banyak menguraikan tentang Ukhrawi.