MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Adz Dzaariyaat dan Hubungannya dengan Surah Ath Thuur

Penjelasan Lengkap Surah Adz Dzaariyaat dan Hubungannya dengan Surah Ath Thuur
Add Comments
8/02/2017



Surah Adz Dzaariyaat Ayat 1-14

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Adz Dzaariyaat secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Ath Thuur. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Adz Dzaariyaat terdiri atas 60 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Ahqaaf. Surah Adz Dzaariyaat Merupakan Surah Ke-51 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Qaaf. Dinamai Adz Dzaariyaat (Angin yang Menerbangkan), diambil dari perkataan Adz Dzaariyaat yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini. Allah Swt, bersumpah dengan Angin, Mega, Bahtera, dan Malaikat yang menjadi Sumber Kesejahteraan dan Pembawa Kemakmuran. Hal ini meng-Isyaratkan inayat Allah Swt, kepada Hamba-hambanya.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Bagaimana keadaan Orang-orang yang Beriman di dalam Syurga sebagai balasan ketaatan bagi Orang yang Bertakwa, Manusia dan Jin dijadikan Allah Swt, untuk Beribadah kepada-Nya, Allah Swt, sebagai Pemberi Rezki, dan Neraka sebagai balasan bagi Orang-orang Kafir.

2.       Hukum-hukum:
Larangan Mempersekutukan Allah Swt, dengan selain-Nya, Perintah berpaling dari Orang-orang Musyrik yang berkepala batu dan memberikan peringatan dan pengajaran kepada Orang-orang Mukmin, pada Harta Kekayaan Seseorang terdapat Hak Orang Miskin.

3.       Kisah-Kisah:
Kisah Nabi Ibrahim a.s. dengan Malaikat yang datang ke Rumahnya, Kisah Nabi Musa a.s. dengan Fir'aun, Kisah Kaum 'Ad dan Tsamud, serta Kisah Nabi Nuh a.s. dengan Kaumnya.

4.       Dan lain-lain :
Segala sesuatu diciptakan Allah Swt, dengan Berpasang-pasangan, serta pada diri Manusia sendiri terdapat Tanda-tanda Kebesaran Allah Swt,.

Surah Adz Dzaariyaatmenerangkan hal-hal yang Berhubungan dengan penegasan adanya Hari Berbangkit, balasan yang diterima Orang Mukmin dan Kafir di Akhirat. Kemudian dikemukakan Kisah beberapa Orang Nabi dan Kaumnya sebagai bujukan kepada Nabi Muhammad Saw, agar jangan bersedih hati terhadap sikap Kaumnya yang keras kepala dan selalu mendustakannya.

Hubungan Surah Adz Dzaariyaat Dengan Surah Ath Thuur
1.   Surah Adz Dzaariyaat dimulai dengan ancaman kepada Orang-orang Kafir dan Nikmat-nikmat yang diterima Orang-orang Mukmin Kelak, sedangkan Surah Ath Thuur dimulai dengan Ancaman pula dan diiringi dengan menerangkan Nikmat yang diterima Orang-orang Mukmin, akan tetapi ancaman dan nikmat-nikmat ini dalam Surah Ath Thuurditerangkan dengan lebih jelas.
2.     Sama-sama dimulai dengan sumpah Allah Swt, dengan menyebutkan Ciptaan-ciptaannya.
3.   Sama-sama mengandung Perintah kepada Rasulullah Saw, supaya berpaling dari Orang-orang Musyrik yang berkepala batu dan alasan-alasan serta dalil-dalil Keesaan Allah Swt, dan adanya Hari Berbangkit.