MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Buruuj dan Hubungannya dengan Surah Ath Thaariq

Penjelasan Lengkap Surah Al Buruuj dan Hubungannya dengan Surah Ath Thaariq
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Buruuj Ayat 1-22

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Buruuj secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Ath Thaariq. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Buruuj terdiri atas 22 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah diturunkan sesudah Surah Asy Syams. Surah Al Buruuj Merupakan Surah Ke-85 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Insyiqaaq. Dinamai Al Buruuj (Gugusan Bintang) diambil dari Perkataan Al Buruuj yang terdapat pada Ayat ke-1 Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Sikap dan Tindakan-tindakan Orang-orang Kafir terhadap Orang-orang yang mengikuti seruan para Rasul, Bukti-bukti Kekuasaan dan Keesaan Allah Swt, Isyarat dari Allah Swt, Bahwa Orang-orang Kafir Mekah akan ditimpa Azab sebagaimana Kaum Fir'aun dan Tsamud telah ditimpa Azab, serta Jaminan Allah Swt, terhadap Kemurnian Al-Qur’an.

Surah Al Buruuj mengutarakan Sikap dan Tindakan yang biasa dilakukan oleh Orang-orang Kafir sejak dahulu kepada Orang-orang yang mengikuti seruan Rasul dengan mengemukakan beberapa contoh yang telah dilakukan oleh Orang-orang yang dahulu. Kemudian Allah Swt, mengisyaratkan Kemenangan Orang-orang yang Beriman dan akan mengazab Orang-orang Kafir sebagai Bujukan kepada Nabi Muhammad Saw, dan Pengikut-pengikutnya dalam menghadapi tindakan-tindakan Orang-orang Musyrik pada Periode Mekah.

Hubungan Surah Al Buruuj Dengan Surah Ath Thaariq
1.       Kedua Surah ini sama-sama dimulai dengan Bersumpahnya Allah Swt, dengan menyebut Langit.
2.       Pada Surah Al Buruuj disebutkan Bahwa Al-Qur’an itu dijaga dan dipelihara Allah Swt, dari segala yang dapat merusaknya, sedangkan Surah Ath Thaariq menerangkan Bahwa Al-Qur’an adalah Pemisah antara yang Hak dan yang Batil.