MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Falaq dan Hubungannya dengan Surah An Naas

Penjelasan Lengkap Surah Al Falaq dan Hubungannya dengan Surah An Naas
Add Comments
8/08/2017

Surah Al Falaq Ayat 1-5

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Falaq secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahAn Naas. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Falaq terdiri atas 5 Ayat, termasuk Golongan Surah-Surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Fiil. Surah Al Falaq Merupakan Surah Ke-113 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Ikhlash. Nama Al Falaqdiambil dari kata Al Falaq yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini yang artinya Waktu Subuh. Diriwayatkan oleh Abu Daud, At Tirmizi dan An Nasa-i dari 'Uqbah bin 'Aamir bahwa Rasulullah Saw,Bersembahyang dengan Membaca Surah Al Falaq dan Surah An Naas dalam perjalanan.

Pokok-pokok isinya:
Perintah agar kita Berlindung kepada Allah Swt, dari segala macam Kejahatan.

Surah Al Falaq

Surah Al Falaqmemerintahkan kepada Orang-orang yang Beriman untuk memohon perlindungan kepada Allah Swt, dari segala Kejahatan.

Hubungan Surah Al Falaq Dengan Surah An Naas
1.  Kedua-duanya sama-sama mengajarkan kepada Manusia, hanya kepada Allah-lah menyerahkan Perlindungan diri dari segala Kejahatan.
2.  Surah Al Falaqmemerintahkan untuk memohon Perlindungan dari segala bentuk Kejahatan, sedangkan Surah An Naas memerintahkan untuk memohon Perlindungan dari Jin dan Manusia.