MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Ghaasyiyah dan Hubungannya dengan Surah Al Fajr

Penjelasan Lengkap Surah Al Ghaasyiyah dan Hubungannya dengan Surah Al Fajr
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Ghaasyiyah Ayat 1-7

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Ghaasyiyah secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Fajr. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Ghaasyiyah terdiri atas 26 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Adz Dzaariat. Surah Al Ghaasyiyah Merupakan Surah Ke-88 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al A’laa. Nama Ghaasyiyah diambil dari kata Al Ghaasyiyah yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini yang artinya Peristiwa yang Dahsyat, tapi yang dimaksud adalah Hari Kiamat. Surah ini adalah Surah yang kerap kali dibaca Nabi pada Rakaat kedua pada Sholat Hari-hari Raya dan Sholat Jum'at.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Keterangan tentang Orang-orang Kafir pada Hari Kiamat dan Azab yang dijatuhkan atas mereka, keterangan tentang Orang-orang yang Beriman serta keadaan Syurga yang diberikan kepada mereka sebagai balasan, Perintah untuk memperhatikan Keajaiban Ciptaan-ciptaan Allah Swt, Perintah kepada Rasulullah Saw, untuk memperingatkan Kaumnya kepada Ayat-ayat Allah Swt, karena Beliau adalah seorang pemberi peringatan, dan bukanlah seorang yang Berkuasa atas Keimanan mereka.

Surah Al Ghaasyiyah

Surah Al Ghaasyiyah menerangkan Penderitaan Orang-orang yang Kafir dan Kenikmatan Orang-orang yang Beriman pada Hari Kiamat.

Hubungan Surah Al Ghaasyiyah Dengan Surah Al Fajr
1.   Pada Surah Al Ghaasyiyah Allah Swt, menerangkan tentang Orang-orang yang pada Hari Kiamat tergambar di muka mereka kehinaan dan tentang Orang-orang yang Bercahaya Wajah Mereka. Sedangkan pada Surah Al Fajrdisebutkan beberapa Kaum yang mendustakan lagi berbuat Durhaka sebagai contoh dari Orang-orang yang tergambar di muka mereka Kehinaan dan Azab yang ditimpa kan kepada mereka di Dunia dan disebutkan pula Orang yang Berjiwa Muthmainnah, mereka itulah Orang-orang yang Wajahnya Bercahaya.
2.    Dalam Surah Al Ghaasyiyah Allah Swt, mengemukakan Orang-orang yang Bercahaya Wajah Mereka, sedangkan pada Surah Al Fajr, disebutkan Orang yang Berjiwa tenang di Dunia karena Iman dan Takwanya yang nantinya di Akhirat Berseri-seri Wajah Mereka.