MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Jin dan Hubungannya dengan Surah Al Muzzammil

Penjelasan Lengkap Surah Al Jin dan Hubungannya dengan Surah Al Muzzammil
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Jin Ayat 1-12

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Jin secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Muzzammil. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Jin terdiri atas 28 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al A'raaf. Surah Al Jin Merupakan Surah Ke-72 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Nuh. Dinamai Al Jin diambil dari Perkataan Al Jin yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini. Pada Ayat tersebut dan Ayat-ayat berikutnya diterangkan Bahwa Jin sebagai Makhluk Halus telah mendengar Pembacaan Al-Qur’an dan Mereka mengikuti ajaran Al-Qur’an tersebut.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Pengetahuan tentang Jin diperoleh Nabi Muhammad Saw, dengan jalan Wahyu, Pernyataan Iman segolongan Jin kepada Allah Swt, Jin ada yang Mukmin ada pula yang Kafir, Janji Allah Swt, kepada Jin dan Manusia untuk Melimpahkan Rezki-Nya kalau Mereka mengikuti jalan yang lurus, serta Janji Perlindungan Allah Swt, terhadap Nabi Muhammad Swt, dan Wahyu yang dibawanya.

Surah Al Jin menerangkan Bahwa Al-Qur’an di samping Petunjuk bagi Manusia juga sebagai Petunjuk bagi Jin.

Hubungan Surah Al Jin Dengan Surah Al Muzzammil
1.     Surah Al Jinmenerangkan ketakjuban segolongan Jin yang mendengarkan pembacaan Al-Qur’an, sedangkan pada Surah Al Muzzammil Allah Swt, memerintahkan Nabi Muhammad Saw, membaca Al-Qur’an pada Waktu Malam.
2.    Pada Surah Al Jinditerangkan Bahwa Orang-orang Kafir Mekah selalu mengganggu Nabi Muhammad Saw, bila beliau Sholat sedangkan Surah Al Muzammil Memerintahkan agar Nabi Muhammad Saw, mengerjakan Sholat malam untuk menguatkan Jiwanya.