MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Lail dan Hubungannya dengan Surah Adh Dhuhaa

Penjelasan Lengkap Surah Al Lail dan Hubungannya dengan Surah Adh Dhuhaa
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Lail Ayat 1-14

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Lail secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Adh Dhuhaa. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Lail terdiri atas 21 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al A'laa. Surah Al Lail Merupakan Surah Ke-92 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Asy Syams. Surah ini dinamai Al Lail (Malam), diambil dari Perkataan Al Lail yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Usaha Manusia itu Berlainan, karena itu Balasannya Berlainan pula, Orang yang suka Berderma, Bertakwa dan Membenarkan adanya Pahala yang Baik dimudahkan Allah Swt, baginya melakukan Kebaikan yang membawa kepada Kebahagiaan di Akhirat, tetapi orang yang dimudahkan Allah Swt, baginya melakukan Kejahatan-kejahatan yang membawa kepada Kesengsaraan di Akhirat, Harta benda tidak akan akan memberi Manfaat kepadanya; orang yang Bakhil merasa dirinya cukup dan Mendustakan adanya Pahala yang baik.

Surah Al Lail menerangkan bahwa Amalan-amalan yang dikerjakan dengan Tulus Ikhlas semata-mata mencari Keridhaan Allah Swt, itulah yang membawa Kebahagiaan di Akhirat Kelak.

Hubungan Surah Al Lail Dengan Surah Adh Dhuhaa
Pada Surah Al Lail diterangkan bahwa orang yang Taqwa akan dimudahkan Allah Swt, mengerjakan Perbuatan Taqwa sehingga memperoleh Kebahagiaan. Sedangkan pada Surah Adh Dhuhaa diterangkan bahwa Keberuntungan di Akhirat Lebih Baik dari Keberuntungan di Dunia.