MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Muzzammil dan Hubungannya dengan Surah Al Muddatstsir

Penjelasan Lengkap Surah Al Muzzammil dan Hubungannya dengan Surah Al Muddatstsir
Add Comments
8/04/2017



Surah Al Muzzammil Ayat 1-19

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Muzzammil secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Muddatstsir. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Muzzammil terdiri atas 20 ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Qalam. Surah Al Muzzammil Merupakan Surah Ke-73 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Jin. Dinamai Al Muzzammil (Orang yang Berselimut) diambil dari perkataan Al Muzzammil yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini. Yang dimaksud dengan Orang yang Berkemul ialah Nabi Muhammad Saw,.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Petunjuk-petunjuk yang harus dilakukan oleh Rasullulah Saw, untuk menguatkan Rohani guna persiapan menerima Wahyu, yaitu dengan Bangun di Malam Hari untuk Sholat Tahajjud, membaca Al-Qur’an dengan Tartil, Bertasbih dan Bertahmid, Perintah Bersabar terhadap Celaan Orang-orang yang mendustakan Rasul. Akhirnya kepada Umat Islam diperintahkan untuk Sholat Tahajjud, Berjihad di Jalan Allah Swt, Membaca Al-Qur’an, Mendirikan Sholat, Menunaikan Zakat, Membelanjakan Harta di jalan Allah Swt, dan memohon Ampunan kepada Allah Swt,.

Surah Al Muzzammil

Surah Al Muzzammil menerangkan hal-hal yang Berhubungan dengan petunjuk-petunjuk Allah Swt, untuk menguatkan jiwa yang bagi seseorang yang akan melakukan tugas yang Berat.

Hubungan Surah Al Muzzammil Dengan Surah Al Muddatstsir
1.     Kedua Surah ini sama-sama dimulai dengan seruan kepada Nabi Muhammad Saw,.
2.  Surah Al Muzzammilberisi Perintah bangun di Malam Hari untuk Sholat Tahajjud dan membaca Al-Qur’an untuk menguatkan Jiwa seseorang sedangkan Surah Al Muddatstsirberisi Perintah melakukan Da'wah Mensucikan diri, dan Bersabar.