MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Qalam dan Hubungannya dengan Surah Al Haaqqah

Penjelasan Lengkap Surah Al Qalam dan Hubungannya dengan Surah Al Haaqqah
Add Comments
8/02/2017



Surah Al Qalam Ayat 1-16

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Qalam secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Haaqqah. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Qalam terdiri atas 52 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah Al Alaq. Surah Al Qalam Merupakan Surah Ke-68 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Mulk. Nama Al Qalamdiambil dari kata Al Qalam yang terdapat pada Ayat Pertama Surah iniyang artinya Pena. Surah ini dinamai pula dengan Surah Nun (Huruf nun).

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Nabi Muhammad Saw, Bukanlah Orang yang Gila melainkan manusia yang berbudi Pekerti yang Agung, Larangan Bertoleransi dibidang Kepercayaan, Larangan mengikuti Orang-orang yang mempunyai Sifat sifat yang dicela Allah Swt, Nasib yang dialami oleh Pemilik-pemilik Kebun sebagai contoh Orang-orang yang tidak Bersyukur terhadap Nikmat Allah Swt, Kecaman-kecaman Allah Swt, kepada Mereka yang Ingkar dan Azab yang akan Mereka terima, serta Al-Qur’an adalah Peringatan bagi seluruh Ummat.

Surah Al Qalam

Surah Al Qalam berisi bantahan dari Orang-orang Musyrikin terhadap Nabi Muhammad Saw, dan Memperingatkan agar jangan mengikuti kemauan Mereka. Mereka itu mendapat Penghinaan pada Hari Kiamat akibat Perbuatan Mereka.

Hubungan Surah Al Qalam Dengan Surah Al Haaqqah
1.      Dalam Surah Al Qalam disebutkan tentang Hari Kiamat secara Umum, Sedang dalam Surah Al Haaqqah dijelaskan secara terperinci Peristiwa-peristiwa Hari Kiamat itu.
2.     Dalam Surah Al Qalam diterangkan Orang-orang yang Mendustakan Al-Qur’andan Ancaman Azab atas Mereka, sedang dalam Surah Al Haaqqah, diterangkan Orang-orang Zaman dahulu yang mendustakan Rasul-rasul dan macam-macam Azab yang telah menimpa Mereka.
3.    Dalam Surah Al Qalam Allah Swt, membantah Tuduhan Orang Musyrikin Bahwa Muhammad Saw, Orang gila, sedang dalam Surah Al Haaqqah Allah Membantah Tuduhan Bahwa Nabi Muhammad Saw, Seorang Penyair.