MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah At Taghaabun dan Hubungannya dengan Surah Ath Thalaaq

Penjelasan Lengkap Surah At Taghaabun dan Hubungannya dengan Surah Ath Thalaaq
Add Comments
8/02/2017

Surah At Taghaabun Ayat 1-8

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah At Taghaabun secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Ath Thalaaq. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah At Taghaabun terdiri atas 18 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Madaniyyah dan diturunkan sesudah Surah At Tahrim. Surah At Taghaabun Merupakan Surah Ke-64 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Munaafiquun. Nama At Taghaabundiambil dari kata At Taghaabun yang terdapat pada Ayat ke 9 yang artinya Hari dinampakkan Kesalahan-kesalahan.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Seluruh isi Alam Bertasbih kepada Allah Swt, penjelasan tentang Kekuasaan Allah Swt, serta Keluasan Ilmu-Nya, Penegasan Bahwa semua yang terjadi dalam Alam ini adalah atas Izin Allah Swt,.

2.       Hukum-hukum:
Perintah taat kepada Allah Swt, dan Rasul, serta Perintah supaya Bertakwa dan Menafkahkan Harta.

3.       Dan lain-lain:
Peringatan kepada Orang-orang Kafir tentang Nasib Orang-orang dahulu yang Mendurhakai Rasul-rasul, diantara Isteri-isteri dan Anak-anak seseorang ada yang menjadi Musuh baginya, serta Harta dan Anak-anak adalah Cobaan dan Ujian bagi Manusia.

Get to Know Surah At Taghaabun

Pada Surah At Taghaabun Allah Swt, memberi Peringatan kepada Kaum Musyrikin tentang Azab yang ditimpakan kepada Umat-umat sebelumnya dan Memberi Hiburan kepada Nabi Bahwa keingkaran Orang-orang Kafir itu tidak akan mendatangkan kemudaratan kepadanya.

Hubungan Surah At Taghaabun Dengan Surah Ath Thalaaq
Dalam Surah At Taghaabunditerangkan Bahwa diantara Isteri-isteri dan Anak-anak ada yang menjadi Musuh, dan Permusuhan antara Suami dan Isteri mungkin membawa kepada Perceraian (Talaq), maka dalam Surah Ath-Thalaaqditerangkan Hukum-hukum Talaq secara Ringkas.