MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah At Takaatsur dan Hubungannya dengan Surah Al ‘Ashr

Penjelasan Lengkap Surah At Takaatsur dan Hubungannya dengan Surah Al ‘Ashr
Add Comments
8/08/2017

Surah At Takaatsur Ayat 1-8

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah At Takaatsur secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahAl ‘Ashr. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah At Takaatsur terdiri atas 8 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al Kautsar. Surah At Takaatsur Merupakan Surah Ke-102 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Qaari’ah. Dinamai At Takaatsur(Bermegah-megahan) diambil dari perkataan At Takaatsur yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Keinginan Manusia untuk Bermegah-megahan dalam Soal Duniawi, sering melalaikan Manusia dari tujuan Hidupnya. Dia baru menyadari kesalahannya itu setelah Maut mendatanginya,Manusia akan ditanya di Akhirat tentang Nikmat yang dibangga-banggakannya.

Surah At Takaatsur

Surah At Takaatsur mengemukakan Celaan dan Ancaman terhadap Orang-orang yang Bermegah-megahan dengan apa yang diperolehnya dan tidak membelanjakannya di Jalan Allah Swt,. Mereka pasti diazab dan pasti akan ditanya tentang apa yang dimegah-megahkannya itu.

Hubungan SurahAt Taakatsur Dengan SurahAl 'Ashr
1.   Pada SurahAt Taakatsur Allah Swt, menerangkan keadaan Orang yang Bermegah-megahan dan disibukkan oleh HartaHarta benda sehingga lupa Mengingat Allah Swt, sedang SurahAl 'Ashr menerangkan bahwa Manusia akan Merugi, kecuali mereka Beriman, Beramal Saleh dan Nasehat menasehati dalam Kebenaran dan Kesabaran.
2.    Pada SurahAt Taakatsur Allah Swt, menerangkan Sifat orang yang mengikuti Hawa Nafsunya, sedang pada SurahAl 'Ashr menerangkan Sifat Orang-orang yang tidak merugi.