MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah 'Abasa dan Hubungannya dengan Surah At Takwiir

Penjelasan Lengkap Surah 'Abasa dan Hubungannya dengan Surah At Takwiir
Add Comments
8/04/2017



Surah 'Abasa Ayat 1-40

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah ‘Abasa secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah At Takwiir. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah 'Abasa terdiri atas 42 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah An Najm. Surah 'Abasa Merupakan Surah Ke-80 didalam Al-Qur’an Setelah Surah An Naazi´aat. Dinamai 'Abasadiambil dari Perkataan 'Abasa yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini.

Menurut Riwayat, pada suatu ketika Rasulullah Saw, menerima dan Berbicara dengan Pemuka-pemuka Quraisy yang Beliau harapkan agar Mereka Masuk Islam. Dalam pada itu datanglah Ibnu Ummi Maktum, Seorang sahabat yang Buta yang mengharap agar Rasulullah Saw, Membacakan kepadanya Ayat-ayat Al-Qur’an yang telah diturunkan Allah Swt,. tetapi Rasulullah Saw, Bermuka masam dan Memalingkan muka dari Ibnu Ummi Maktum yang Buta itu, lalu Allah Swt, menurunkan Surah ini sebagai teguran atas Sikap Rasulullah Saw, terhadap Ibnu Ummi Maktum itu.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
1.       Keimanan:
Dalil-dalil keesaan Allah Swt, dan Keadaan manusia pada Hari Kiamat.

2.       Dan lain-lain:
Dalam Berda'wah hendaknya memberikan Penghargaan yang sama kepada Orang-orang yang diberi Da'wah, serta Cercaan Allah Swt, kepada manusia yang tidak Mensyukuri nikmat-Nya.

Get to Know Surah 'Abasa

Surah 'Abasa mengandung teguran Allah Swt, kepada Rasululah Saw, yang lebih mengutamakan Pembesar-pembesar Quraisy yang diharapkan agar Mereka masuk Islam daripada Ibnu Ummi Maktum yang buta, tapi telah diyakini Keimanannya, Al-Qur’an adalah sebagai Peringatan, dan salah satu sifat manusia ialah Tidak Mensyukuri Nikmat Allah Swt,.

Hubungan Surah 'AbasaDengan Surah At Takwiir
1.     Sama-sama menerangkan tentang Huru-hara pada Hari Kiamat.
2.     Sama-sama menerangkan Bahwa Manusia pada Hari Kiamat terbagi Dua.
3.     Pada Surah 'AbasaAllah Swt, menegur Nabi Muhammad Saw, sedangkan dalam Surah At Takwiir Allah menegaskan Bahwa Nabi Muhammad Saw, adalah Seorang Rasul yang Mulia.