MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Nuh dan Hubungannya dengan Surah Al Jin

Penjelasan Lengkap Surah Nuh dan Hubungannya dengan Surah Al Jin
Add Comments
8/04/2017



Surah Nuh Ayat 1-10

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Nuh secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Al Jin. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Nuh terdiri atas 28 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah An Nahl. Surah Nuh Merupakan Surah Ke-71 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Ma’aarij. Dinamakan dengan Surah Nuhkarena Surah ini seluruhnya menjelaskan Da´wah dan Do´a Nabi Nuh a.s.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Ajakan Nabi Nuh a.s. kepada Kaumnya untuk Beriman kepada Allah Swt, serta Bertaubat kepada-Nya, Perintah memperhatikan kejadian Alam Semesta dan kejadian manusia yang merupakan Manifestasi Kebesaran Allah Swt, Siksaan Allah Swt, di Dunia dan Akhirat bagi Kaum Nabi Nuh a.s.  yang tetap Kafir, serta Do´a Nabi Nuh a.s.

Surah Nuh

Surah Nuh menjelaskan Da´wah Nabi Nuh a.s. kepada Kaumnya dan Tantangan Mereka, kemudian Azab yang ditimpakan kepada Mereka.

Hubungan Surah NuhDengan Surah Al Jin
1.      Kedua Surah ini mempunyai Persamaan antara lain:
a.        Menggambarkan Da´wah Nabi dan Sikap lawan-lawannya.
b.        Menerangkan Azab yang akan ditimpakan atas Mereka yang Durhaka.
2.  Dalam Surah NuhAllah Swt, Memerintahkan supaya meminta Ampun kepada-Nya, niscaya Dia melimpahkan Harta dan Anak, sedangkan dalam Al Jin dijelaskan Bahwa Mereka yang Hidup di atas Jalan yang Benar, akan mendapat Rezeki yang besar dari Allah Swt,.