MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Rukun Islam dan Rukun Iman

Rukun Islam dan Rukun Iman
Add Comments
1/04/2019


Penjelasan Rukun Islam & Rukun Iman

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Rukun Islam dan Rukun Iman secara Lengkap. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Di Posting pertama ini kami ingin mengingatkan kepada umat muslim tentang Rukun Islam & Rukun Iman, Rukun Islam (Arab: أركان الإسلام arkān al-Islām; atau أركان الدين arkān al-dīn; "pilar-pilar agama") adalah lima tindakan dasar dalam Islam, dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. Kesemua rukun-rukun itu terdapat pada hadits Jibril. Rukun Islam ada 5, yaitu:
1.        Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat
2.        Mendirikan Sholat
3.        Menunaikan Zakat
4.        Berpuasa di bulan Ramadhan
5.        Menunaikan Ibadah Haji bagi yang Mampu

Rukun Iman (bahasa Arab: أركان الإيمان) yaitu pilar keimanan dalam Islam yang harus dimiliki seorang muslim. Jumlahnya ada enam. Enam rukun iman ini didasarkan dari ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits Jibril yang terdapat dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab. Rukun Iman ada 6, yaitu:
1.        Iman Kepada Allah Swt,
2.        Iman Kepada para Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala,
3.        Iman Kepada Kitab-kitab Allah Subhanahu Wa Ta'ala,
4.        Iman Kepada para Rasul Allah Subhanahu Wa Ta'ala,
5.        Iman Kepada hari Akhir (Kiamat)
6.        Iman Kepada Qada' dan Qadar


Demikian Artikel mengenai Rukun Islam dan Rukun Iman, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.