MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

10 Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Tugas-tugasnya

10 Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Tugas-tugasnya
Add Comments
4/20/2019

Penjelasan Tugas-tugas 10 Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Tugas-tugasnya

  
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang 10 Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Tugas-tugasnya. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai 10 Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Tugas-tugasnya secara Lengkap. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Iman kepada Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah bagian dari Rukun Iman yang kedua. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini sepenuh hati adanya Malaikat walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan mereka dari Nur  (Cahaya). Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti Malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

Walaupun manusia tidak dapat melihat Malaikat tetapi jika Allah Subhanahu Wa Ta'ala berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul.
Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para Nabi dan Rasul. Seperti yang terjadi kepada Nabi Ibrahim a.s.

Para Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang wajib diketahui oleh semua orang Islam ada 10 (Beserta tugasnya), yaitu sebagai berikut:

1.        Malaikat Jibril
Bertugas Menyampaikan Wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah Subhanahu Wa Ta'ala pada zaman ke Nabian, juga ada 10 tugas-tugas malaikat jibril setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw,:
·      Mengangkat keberkahan dimuka bumi ini, orang tak ada lagi yg percaya namanya berkah.
·      Mengangkat cinta dihati para makhluk, maksudnya cinta yg suci karena Allah saja.
·      Mengangkat rasa kasih sayang dari para kerabat.
·      Mengangkat sifat rasa adil dari pemerintah.
·      Mengangkat sifat pemalu dari para perempuan ,sehingga mereka tidak tau malu lagi dengan dandanan mencolok.
·      Mengangkat sifat sabar dari fakir miskin.
·      Mengangkat sifat pemurah dari orang-orang kaya.
·      Mengangkat sifat Wara' ulama sehingga ia menjual agamanya sendiri untuk kepentingan pribadinya sendiri.
·      Mengangkat Al-Qur'an dari hadapan manusia (tidak ada lagi yg bisa membaca Al-Quran).
·      Diangkatnya Iman dari seluruh bumi, ini yg akan menyegerakan kiamat.

2.        Malaikat Mikail
Bertugas Membagi Rezeki kepada umat manusia, contohnya ; hujan.

3.        Malaikat Izra'il
Bertugas mencabut nyawa.

4.        Malaikat Ishrafil
Bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat dan hari kebangkitan.

5.        Malaikat Munkar
Bertugas menanyai dan menyiksa manusia di alam kubur.

6.        Malaikat Nakir
Bertugas menanyai dan menyiksa manusia di alam kubur.

7.        Malaikat Raqib
Bertugas mencatat amal baik manusia.

8.        Malaikat Atid
Bertugas mencatat amal buruk manusia.

9.        Malaikat Malik
Bertugas menjaga pintu neraka.

10.    Malaikat Ridwan
Bertugas menjaga pintu surga.


Demikian Artikel mengenai 10 Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Tugas-tugasnya, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.