MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Definisi / Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Definisi / Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan Menurut Para Ahli
Add Comments
5/18/2019


Entrepreneurship (Wirausaha dan Kewirausahaan)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan Definisi atau Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Berikut Pendapat Para Ahli tentang Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan:
1.        Richard Cantillon (1775)
Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (Self-Employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian.

2.        Jean Baptista Say (1816)
Seorang Wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi  dan menemukan nilai dari produksinya.

3.        Frank Knight (1921)
Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.

4.        Joseph Schumpeter (1934)
Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk:
a.    Memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,
b.    Memperkenalkan metoda produksi baru,
c.     Membuka pasar yang baru (New Market)
d.    Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru
e.    Menjalankan organisasi baru pada suatu industry.

Schumpeter mengkaitkan Wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.

5.        Penrose (1963)
Kegiatan Kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.

6.        Harvey Leibenstein (1968, 1979)
Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan  atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.

7.        Israel Kirzner (1979)
Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasila akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian.

8.        Peter F. Drucker
Kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Pengertian ini mengandung maksud bahwa seorang wirausahan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang lain. Atau mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

9.        Zimmerer
Kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam  memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Usaha).

10.    Soeharto Wirakusumo
Kewirausahaan adalah syaraf pusat perekonomian atau pengendali perekonomian suatu bangsa.

11.    Thomas W Zimmerer, 1996:51
Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasiuntuk memecahkan masalah dan upaya untuk memanfaatkan peluang yg dihadapi setiap hari.

12.    Marzuki Usman, 1997:3
Kewirausahaan adalah seseorang yg memiliki kemampuandalam menggunakan sumber daya seperti finansial, bahan mentah, dan tenaga kerja untuk menghasilkan Produk Baru, Bisnis Baru, Proses Produksi atau pengembangan Organisasi Usaha.


Demikian artikel mengenai Definisi atau Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.