MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Jenis-jenis Pemeliharaan yang dilakukan Terhadap Suatu Peralatan

Jenis-jenis Pemeliharaan yang dilakukan Terhadap Suatu Peralatan
Add Comments
5/29/2019


Avatar Maintenance / Pemeliharaan
Avatar Maintenance / Pemeliharaan

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Jenis-jenis Pemeliharaan yang dilakukan Terhadap Suatu Peralatan. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

1.        Pemeliharaan yang Dapat dijadwalkan dan direncanakan
a.    Pemeliharaan Rutin
Ini adalah Jenis Pemeliharaan yang dilakukan secara rutin atau berkala yang tujuannya sekedar membantu kelancaran dan keawetan operasi atau penggunaan Peralatan tersebut tanpa harus melakukan penggantian atas Suku Cadangnya. Selama Pemeliharaan, Peralatan tetap berjalan dan tidak perlu berhenti atau dihentikan. Pemeliharaan Secara Rutin dapat diartikan sebagai Praktek yang dilakukan secara Teratur, Berkala dan Berulang.
b.    Pemeliharaan Pencegahan
Pemeliharaan Jenis ini bertujuan mencegah agar Peralatan tidak mengalami gangguan operasi pada waktu dibutuhkan. Pemeliharaan semacam ini seringkali merupakan tindakan yang Sangat Kritis dalam arti Mutlak Penting, khususnya menyangkut Peralatan yang sama sekali tidak boleh rusak selama pemakaian, karena apabila rusak akan menimbulkan kerugian yang sangat besar.
c.     Pemeliharaan Besar atau Overhaul
Pemeliharaan Jenis ini adalah Pemeliharaan yang dilakukan setiap operasi tertentu dan dilakukan secara besar-besaran untuk mengembalikan atau setidak-tidaknya memulihkan kapasitasnya ke kapasitas semula. Dalam Pemeliharaan suatu pabrik, seluruh operasi pabrik tutup dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Pemeliharaan ini memerlukan biaya yang sangat besar dan memerlukan perencanaan yang cukup rumit.

2.        Pemeliharaan yang Tidak Dapat dijadwalkan dan direncanakan
a.    Pemeliharaan Karena Rusak
Pemeliharaan Jenis ini adalah Pemeliharaan atau lebih tepatnya Reparasi / Perbaikan  yang dilakukan karena terpaksa karena suatu Peralatan mengalami Kerusakan sehingga terpaksa Berhenti Berjalan.
b.    Pemeliharaan Darurat
Jenis Pemeliharaan ini dilakukan apabila terjadi Kerusakan Peralatan sebagai akibat dari suatu Keadaan Darurat seperti Kebakaran, Banjir, Gempa Bumi, Tsunami, dan sejenisnya.

Demikian Artikel mengenai Jenis-jenis Pemeliharaan yang dilakukan Terhadap Suatu Peralatan, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.