MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pengertian Mud Logging Unit

Pengertian Mud Logging Unit
Add Comments
5/05/2019


 Mud Logging Unit

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Mud Logging Unit. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Mud Logging Unit merupakan suatu instrument yang digunakan didaerah pemboran, yang berfungsi didalam mencatat data pemboran dan ,monitoring proses pemboran. mud logging instrumen merupakan produksi baru dengan teknologi tinggi yang mengandung berbagai macam teknik seperti pengeboran minyak, geologi, teknologi penginderaan, teknik microelectric, teknologi komputer, mesin precisition, analisis kromatografi, teknologi kontainer manufaktur, distribusi yang kuat dan teknik UPS.


Lumpur logging instrumen dapat memonitor secara terus-menerus, menunjukkan minyak dan gas bumi selama periode pengeboran dan memberikan penjelasan dan evaluasi untuk menunjukkan, dengan cara mengumpulkan dan menganalisa sampel batuan, itu menetapkan   lapisan batuan secara real-time.


Untuk mengetahui kemajuan/ laju pemboran yang dideteksi dengan sensor jenis output pulsa (on/off), dimonitor didalam kabin melalui monitor, recorder dan depth counter. Data ini dapat digunakan untuk mendeteksi adanya drilling break (formasi permeable atau adanya zona transisi tekanan abnormal), dapat bisa digunakan untuk data perhitungan perkiraan tekanan formasi (dengan d-exponent).


Hasil perhitungan dari data D-exponent (perkiraan tekanan formasi yang bisa digunakan untuk perencanaan pemakaian berat lumpur pemboran selama operasi pemboran berlangsung).


Sistem kromatografi menganalisis dengan indeks linier yang sangat baik, berbagai jenis instrumen geologi canggih, termasuk analyzer karbonat, detektor Lumpur padat, detektor FlourescenceLumpur logging instrumen dapat memperoleh data dari sampai dengan 64 saluran sensor dan berasal hampir 100 parameter.


Demikian Artikel mengenai Pengertian Mud Logging Unit, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.