MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pengertian Logistik dan Manajemen Logistik

Pengertian Logistik dan Manajemen Logistik
Add Comments
6/20/2019


RFID in the Supply Chain - from Manufacturer to Retailer

Supply Chain - Logistik

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan membahas tentang Pengertian Logistik dan Manajemen Logistik. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Logistik merupakan Seni dan Ilmu Mengatur dan Mengontrol arus barang, energi, informasi dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa dan manusia, dari sumber produksi ke pasar. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan Logistik. Logistik juga mencakup Integrasi Informasi, Transportasi, Inventori, Pergudangan dan Pemaketan.

Kata Logistik berasal dari bahasa Yunani (Logos) berarti “Rasio, Kata, Kalkulasi, Alasan, Pembicaraan, Orasi”. Secara Etimologi, Logistik adalah konsep yang dianggap berevolusi dari kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka ketika mereka beranjak ke medan perang dari markas. Pada Kekaisaran Yunani, Romawi dan Bizantium Kuno, ada Perwira militer dengan gelar ‘Logistikas’, yang bertanggung jawab atas distribusi dan pendanaan persediaan perang.

Sumber lain menyebutkan bahwa Logistik berasal dari kata “Logistioos” yang berarti kepandaian menghitung, suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan erat dengan matematika. Pertamina dalam bukunya tata laksana logistik material Memberikan definisi bahwa pengelolaan logistik adalah setiap aktifitas yang berkenaan dengan pengarahan, pengaturan, dan pendayagunaan tenaga karyawan dan kekayaan perusahaan untuk menyediakan material, angkutan dan jasa lainnya yang diperlukan oleh karyawan dan organisasi untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.

 Integrated Supply Chain

Manajemen Logistik merupakan bagian dari Proses Supply Chain yang berfungsi untuk Merencanakan, Melaksanakan, dan Mengendalikan Keefisienan dan Keefektifan Penyimpanan dan Aliran Barang, Pelayanan dan Informasi terkait dari Titik Permulaan (Point of Origin) hingga Titik Konsumsi (Point of Consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Mengingat Logistik akan selalu melibatkan Unsur Pemasok, Manufaktur, Distribusi dan Para Pelanggan, maka misi Logistik harus dapat melaksanakan kegiatan pengiriman barang dan jasa yang diperlukan pelanggan secara efisien.

Secara umum kegiatan Logistik terdiri dari 2 (Dua) kegiatan yaitu Kegiatan Pergerakan (Move) dan Kegiatan Penyimpanan (Store), sehingga jika kedua kegiatan ini direncanakan dan dikendalikan secara ketat, maka masalah sistem Logistik secara keseluruhan akan dapat terselesaikan dengan baik. Dua kegiatan utama tersebut diurai menjadi beberapa kegiatan yaitu Pemrosesan Pesanan, Transportasi, Persediaan, Penanganan Barang, Struktur Fasilitas dan Sistem Informasi dan Komunikasi. Ketujuh kegiatan itu disebut juga sebagai Bauran Kegiatan Logistik (Logistics Activity Mix) dimana semua kegiatan tersebut tidak dapat dihindarkan keberadaannya dalam sebuah Sistem Rantai Pasok (Supply Chain System).

Dalam berbagai kegiatan Organisasi yang berorientasi laba ataupun nirlaba, proses kegiatan Logistik merupakan kebutuhan yang tak mungkin dihindarkan, karena akan selalu ada Proses Pergerakan dan Penyimpanan (Move and Store Activity). Apalagi kegiatan yang bertaraf nasional dan mendapat sorotan internasional, Logistik mutlak harus mendapatkan perhatian yang serius.


Demikian Artikel tentang Pengertian Logistik dan Manajemen Logistik, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.