MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Pengertian Logistik dan Pergudangan serta Macam-macam Gudang

Pengertian Logistik dan Pergudangan serta Macam-macam Gudang
Add Comments
8/07/2019



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Logistik dan Pergudangan serta Macam-macam Gudang. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Pengertian Logistik
Kata Logistik berasal dari bahasa Yunani (Logos) berarti “Rasio, Kata, Kalkulasi, Alasan, Pembicaraan, Orasi”. Secara Etimologi, Logistik adalah konsep yang dianggap berevolusi dari kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka ketika mereka beranjak ke medan perang dari markas. Pada Kekaisaran Yunani, Romawi dan Bizantium Kuno, ada Perwira militer dengan gelar ‘Logistikas’, yang bertanggung jawab atas distribusi dan pendanaan persediaan perang.

Sumber lain menyebutkan bahwa Logistik berasal dari kata “Logistioos” yang berarti kepandaian menghitung, suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan erat dengan matematika. Pertamina dalam bukunya tata laksana logistik material Memberikan definisi bahwa pengelolaan logistik adalah setiap aktifitas yang berkenaan dengan pengarahan, pengaturan, dan pendayagunaan tenaga karyawan dan kekayaan perusahaan untuk menyediakan material, angkutan dan jasa lainnya yang diperlukan oleh karyawan dan organisasi untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.

Logistik merupakan Seni dan Ilmu Mengatur dan Mengontrol arus barang, energi, informasi dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa dan manusia, dari sumber produksi ke pasar. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan Logistik. Logistik juga mencakup Integrasi Informasi, Transportasi, Inventori, Pergudangan dan Pemaketan.


Pergudangan
Pergudangan adalah suatu kegiatan yang meliputi penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pengeluaran material dalam rangka menunjang kelancaran operasi perusahaan.

Ada 3 Faktor penting dalam kegiatan Industri yang menyebabkan adanya kegiatan pergudangan, yaitu:
1.        Adanya produksi yang dihasilkan secara besar-besaran, dimana hasil/produksi memerlukan tempat penyimpanan sementara sebelum dipasarkan.
2.        Adanya keinginan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, sehingga dengan peningkatan pelayanan ini produknya akan lebih laku di pasaran.
3.        Adanya keinginan untuk meningkatkan ”Delivery Time” yang lebih cepat dan tepat pada waktunya sehingga diperlukan adanya persediaan barang yang selalu cukup.

Faktor lain yang mempengaruhi :
1.        Penerimaan barang yang baru dibeli dari tempat lain
2.        Perlunya penimbunan sementara sebelum barang tersebut dijual atau didistribusikan
3.        Adanya kegiatan pemisahan dan penyatuan barang-barang sesuai jenisnya masing-masing
4.        Adanya kegiatan pengiriman/distribusi barang dagangan ke lain/pasaran.

Macam-Macam Gudang
Dilihat dari pemilikannya, secara umum gudang dapat dibedakan atas :
1.        Gudang Umum (Public Warehouse)
Gudang umum adalah gudang milik perusahaan jasa pergudangan yang penggunaannya dapat kita peroleh dengan cara sewa ataupun kontrak. Contoh jenis gudang ini adalah: Comodity Warehouse, General Merchandising Warehouse, Bulk Warehouse.

Beberapa alasan penggunaan Public Warehouse :
a.    Memperkecil resiko investasi dalam hal pembangunan gudang, penyediaan fasilitas gudang, penyediaan Handling Equipment, Training Personel
b.    Penyimpanan dalam jumlah kecil, biaya akan lebih murah
c.     Jika kegiatan operasi hanya bersifat sementara walapun beban kerja besar.

2.        Gudang Sendiri (Company Warehouse)
Gudang sendiri adalah gudang milik perusahaan itu sendiri dimana baik pengelolaan maupun pengawasannya dilakukan oleh perusahaan sendiri yang memiliki gudang tersebut.

Beberapa alasan penggunaan gudang sendiri :
a.    Pengontrolan akan lebih mudah dan cepat
b.    Kegiatan yang memerlukan beban kerja besar, maka biaya akan lebih murah
c.     Informasi balik akan lebih mudah diperoleh karena pengawasan dilakukan sendiri.

Menurut GMA (Guide to Material Administration), macam gudang yang lazim dipakai untuk tempat penyimpanan material dan Equipment adalah sebagai berikut :
1.        Gudang Tertutup
Gudang tertutup adalah bangunan tempat menyimpan material dimana bangunan tersebut berdinding, beratap, dan berpintu agar tidak rusak oleh gangguan cuaca, binatang dan manusia.

2.        Gudang Terbuka
Gudang terbuka adalah gudang yang beratap tapi tidak berdinding dan berpintu.

3.        Emperan
Emperan adalah bagian dari bangunan gudang di luar dinding yang masih beratap sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan material.

4.        Lapangan Penimbunan (Yards)
Lapangan penimbunan adalah halaman yang di Luar Pergudangan (Lapangan) yang dilengkapi dengan alat-alat untuk menyimpan/menyusun barang.

5.        Tanki
Tanki dipakai untuk menyimpan material dalam bentuk cairan dengan jumlah/volume besar.

6.        Platform
Platform adalah halaman diluar pergudangan yang dilengkapi dengan plat-plat untuk tempat penyimpanan material dengan diberikan perlindungan seperlunya terhadap perubahan cuaca.


Demikian Artikel mengenai Pengertian Logistik dan Pergudangan serta Macam-macam Gudang, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.