MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

12 Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat

12 Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat
Add Comments
9/28/2019

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai 12 Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Berikut 12 Tips merawat telinga dari www.alodokter.com dan doktersehat.com :

1.        Jangan mengorek kotoran telinga pakai cotton bud
Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotori telinga. Kotoran akan semakin masuk ke dalam telinga. Telinga memiliki mekanisme sendiri yang secara otomatis akan mengeluarkan kotorannya. Bagi umat Islam, berwudhu sebelum salat merupakan perawatan terhadap telinga yang sempurna.

2.        Tidak perlu terlalu bersih
Tidak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga Anda, seperti lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda. Secara normal, serumen akan mengering secara otomatis, dan dikeluarkan secara perlahan. Serumen yang mengering inilah yang sering dianggap sebagai kotoran telinga.

Jika Anda ingin membersihkan telinga dari kotoran, lakukan saja perawatan telinga seminggu sekali. Membilasnya dengan air bersih saat mandi sudah cukup. Kalau terlalu sering justru membuat telinga menjadi kering, iritasi dan gatal. Bahkan membuat telinga lebih sensitif dan menghasilkan lebih banyak serumen yang berakibat buruk bagi pendengaran.

3.        Jangan pernah menggaruk telinga ketika gatal
Cara merawat telinga yang satu ini sangat tidak dirokomendasikan. Rasa gatal pada telinga bisa diakibatkan oleh eksim atau psoriasis, segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

4.        Cobalah melakukan terapi lilin 
Sesekali melakukan cara merawat telinga dengan baik menggunakan terapi lilin. Karena cara ini akan sangat membersihkan kotoran-kotoran yang ada ditelinga. Pelajari bagaimana cara melakukan terapi lilin, lalu Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

5.        Bijak menggunakan earphone dan headphone
Penelitian yang dilakukan oleh ahli akustik, Profesor Huggonet menemukan penemuan baru, bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphonedengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu.

Ada 2 kemungkinan yang terjadi, yang pertama Anda menjadi kurang peka terhadap bunyi dan yang kedua sebaliknya, Anda justru menjadi telalu sensitif terhadap bunyi.

6.        Jaga telinga Anda agar tetap kering
Telinga yang selalu basah atau kelembaban telinga yang berlebihan dapat memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga yang disebut dengan telinga perenang (swimmer’s ear) atau otitis eksterna. Swimmer’s ear adalah infeksi pada telinga luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga sehingga mengakibatkan bakteri terperangkap. Dalam lingkungan yang hangat dan lembab, bakteri ini semakin banyak jumlahnya sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi pada saluran telinga.

7.        Tutup hidung saat nyeri telinga di pesawat
Saat melakukan perjalanan dengan pesawat pun telinga terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, cara merawat telinga dengan baik adalah menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut selama beberapa saat. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.

8.        Mengunyah makanan dengan baik
Cara merawat telinga yang satu ini juga sangat penting, karena gerakannya membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga. Untuk merasakan secara detail, cobalah mengunyah permen karet.

9.        Tiap jenis infeksi telinga butuh penanganan dokter
Ada 2 jenis infeksi, yakni pada telinga luar dan telinga tengah. Untuk bagian luar umumnya terjadi karena terkena air kotor. Telinga menjadi sakit, bengkak, atau bahkan bernanah. Biasanya, cara merawat telinga dengan baik dapat diobati menggunakan tetesan antibiotik.

Sementara itu, untuk bagian tengah, terkadang bisa berdampak buruk pada gendang telinga. Gendang telinga bisa pecah. Cara merawat telinga dengan kondisi ini biasanya, penderita diberi resep tablet antibiotik selain menggunakan resep obat tetes.

10.    Nyeri telinga perlu penangangan dokter juga
Rasa nyeri yang muncul pada telinga bukan semata-mata karena telinga Anda bermasalah, tetapi bisa karena Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Tapi, saat Anda merasa nyeri di telinga, sebaiknya lalukan cara merawat indra pendengar dengan berkonsultasi pada dokter.

11.    Perawatan rutin
Jika Anda merasa ada yang tak beres dengan telinga Anda, seperti terdengar bunyi-bunyian atau benda yang bergerak di dalam telinga saat menggerakkan kepala, sebaiknya segera berkunjung ke dokter spesialis THT. Begitu pula, saat Anda ingin membersikan bagian dalam telinga. Lakukan perawatan telinga dengan memeriksakan setidaknya satu tahun sekali. Selain menjaga kebersihannya, hal ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

12.    Manfaatkan eardrops
Sebelum tidur, ada baiknya memerhatikan kebersihan bantal dan kasur, terutama keberadaan serangga atau semut. Jangan abaikan hal ini, karena mereka bisa sangat mengganggu jika berhasil masuk ke telinga Anda. Begitu pula saat Anda berenang. Selain memiliki potensi besar untuk masuk ke dalam telinga, air juga bisa membawa kotoran masuk. Agar aman, lakukan cara merawat telinga dengan memanfaatkan eardrops saat berenang atau tidur.

Sebaiknya, gunakan earphone maksimal 2 jam sehari lalu istirahatkan pendengaran selam 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone terlalu lama juga bisa menghambat telinga mengeluarkan kotorannya.


Demikian beberapa Artikel mengenai 12 Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.