MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Komputer dan Sistem Komputer

Penjelasan Lengkap Komputer dan Sistem Komputer
Add Comments
9/05/2019

Sistem Komputer 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Penjelasan Lengkap Komputer dan Sistem Komputer. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Pengenalan Komputer
Istilah Komputer (Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung ( to Computer ).

Beberapa definisi tentang komputer:
1.        Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a.    Menerima input
b.   Memproses input tadi sesuai dengan programnya
c.   Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
d.   Menyediakan output dalam bentuk informasi

2.        Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

3.        Menurut buku Computer Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

4.        Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori)
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
1.        Alat elektronik
2.        Dapat menerima input data
3.        Dapat mengolah data
4.        Dapat memberikan informasi
5.        Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
6.        Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.        Bekerja secara otomatis

Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut :

Gambar Sistem Mikro Komputer

1.        Peralatan Input/masukan (Input Device)
Merupakan komponen  perangkat / alat yang berfungsi sebagai media masukan. Sebagai contoh : keyboard, mouse, joystick, dan lain-lain.

2.        Peralatan Output/keluaran (Output Device)
Merupakan komponen perangkat / alat yang berfungsi sebagai media keluaran. Bentuk keluaran ini bisa berbentuk sfotcopy (ke layar) atau hardcopy (ke kertas). Contoh media keluaran ini adalah monitor (CRT,LCD), printer, speaker, ploter, dan lain sebagainya.

3.        Port I/O
Port atau gerbang input output adalah media peghubung dengan peralatan masukan atau keluaran dibawah kendali processor. Port I/O terdiri dari beberapa jenis:
a.    Port Paralel (LPT1 atau LPT2) merupakan untuk peralatan yang bekerja dengan cara transmisi paralel contohnya printer
b.    Port Serial (COM1 atau COM2) merupakan port untuk peralatan yang berkerja dengan cara transmisi serial contohnya mouse, modem.
c.     Port AT /  Port PS2 yang biasa untuk mouse, keyboard
d.    USB (Universal Serial Bus) merupakan untuk peralatan yang berkerja secara serial (pengembangan dari serial port) contoh camera digital, printer, scanner.
e.    Fire Wire (IEEE 1394) port untuk transmisi data yang besar  hingga 400 Mbps (megabit/s) contoh handycam.
f.     Port VGA sebagai penghubung dengan monitor.

g.    Port audio sebagai penghubung dengan peralatan audio,contoh speaker, mikropon.

4.        ALU (Arithmatic Logical Unit)
Merupakan piranti  pada processor yang bertugas sebagai pengolah yang bersifat aritmatik (pengurangan, penjumlahan, pengalian, pembagian, pangkat dan sebagainya yang bersifat menghitung) serta pengolahan yang bersifat logika (AND, OR, dan sebagainya).

5.        CU (Control Unit)
Merupakan piranti pada processor yang bertugas sebagai pengontrol semua aktifitas yang dilakukan oleh komputer. Processor ini yang terdiri dari (ALU dan CU) merupakan komponen utama yang bertindak sebagai otak komputer. Satuan kecepatan processor adalah Hz mulai KHz (kilo Hertz), MHz (Mega Hertz), GHz (Giga Hertz) semakin besar ini maka semakin cepat aktifitas proses pada suatu komputer.

6.        Memory : media penyimpan untuk menyimpan data dan program.
Pada dasarnya memori atau media penyimpanan pada dasarnya dibedakan atas penyimpanan di dalam (internal memory) dan penyimpanan di luar (eksternal memory). Eksternal memory secara fisik merupakan memori pendukung sebagai penyimpan data atau program bersifat tidak mutlak pada sistem mikro komputer. Sebagai contoh memori ini adalah : Disket, Hard Disk, Compact Disk (CD), Digital Versatile Disk (DVD), Blue Ray.

Pada internal memory yang secara fisik letaknya di dalam merupakan memory yang secara mutlak harus ada sebagai penunjang sistem mikro komputer. Memory internal /utama ini secara fisik terbagi atas RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

Berdasarkan kecepatan aksesnya memori dibedakan atas memori dengan kecepatan rendah dan tinggi yang digambarkan dalam hirarki sebagai berikut :

Tabel 6.1 Hirarki kecepatan akses pada memory
Tercepat


Terlamat
Register Memory
Chace Memory
Main Memory
Sekunder Memory

Semakin besar/tinggi frekuensi pengaksesan maka semakin mahal pula harga memory ini.
a.    Register Memory merupakan memori yang aksesnya paling cepat,letaknya di dalam pocessor.
b.    Chace Memory merupakan memory yang kapasitasnya terbatas yang letaknya diantara memori utama dan register pemroses dengan tujuan proses pada komputer tidak langsung mengacu pada memori utama sehingga kinerja dapat ditingkatkan. Chace memory ini biasanya harganya mahal yang ditunjukkan lewat L1, L2 Chace memori dimana semakin tinggi semakin mahal karena semakin cepat prosenya
c.     Main Memory atau memori utama terbagi atas ROM dan RAM.
ROM adalah memory yang hanya bisa dibaca letaknya di BIOS (Basic Input Output System) yang terletak pada motherboard. Sedangkan RAM adalah memori yang bersifat semetara sehingga pada saat tidak ada aliran listrik maka data atau sistem yang tersimpan akan hilang. ROM dan RAM ini macamnya sangat beragam jenis dan kapasitasnya.
d.    Memory Sekunder merupakan memori tambahan yang termasuk dalam memori eksternal misalnya: HD, CD, DVD,dll

 RAM
Gambar Contoh RAM

 CPU / Processor
Gambar CPU / Processor


 Sistem Komputer
Sistem komputer merupakan serangkaian komponen sistem yang meliputi hardware, software, Brainware yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi.
1.        Hardware
Adalah komponen perangkat keras seperti yang sudah dijelaskan diatas

2.        Software
Adalah perangkat lunak berupa program yang dibuat sebagai pendukung pekerjaan. Secara garis besar software ini terbagi atas 5 golongan, yaitu :
a.    Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows, dll.
Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
b.    Program Paket, seperti MS-Word, MS-Excel, Lotus 125, dll
Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-Word, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
c.     Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll, dll.
Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
d.    Bahasa Pemrograman, Pascal, Fortran, Clipper, dBase, dll.
Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.
e.    Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.
Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.

3.        Brainware (User)
Adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Komputer dan Sistem Komputer, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.