MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Zona Batuan Reservoir

Zona Batuan Reservoir
Add Comments
9/05/2019


Seismic Exploration

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Zona Batuan Reservoir. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Batuan Reservoir merupakan senyawa hidrokarbon yang dihasilkan secara organik artinya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang telah mati dan mengalami proses kimia dan fisika. Batuan  reservoir dapat  dibedakan  menjadi dua, yaitu zona permeable dan non-permeable dengan melihat  bentuk-bentuk kurva log. Zona non-permeable dapat diketahui dari chart log. Untuk zona ini defleksi sinar gamma (gamma ray) relatif tinggi dan calliper log relatif rendah.
Zona batuan reservoir dibedakan menjadi dua yaitu:

Zona Permeable
Ciri-ciri dari zona permeable yaitu:
1.        Harga kurva gamma ray  yang rendah.
2.        Harga kurva spontaneous potential menjauhi garis dasar serpih.
3.        Terbentuknya kerak lumpur pemboran.
4.        Adanya separasi positif pada micro log.
5.        Mempunyai harga porositas menengah sampai tinggi.


Zona Non-Permable
Ciri-ciri dari zona non-permeable:
1.        Harga kurva sinar gamma yang tinggi.
2.        Tidak terbentuk kerak lumpur pemboran, diameter lubang kadang membesar (tidak selalu).
3.        Adanya separasi negatif pada micro log.
4.        Harga tahanan jenis pada zona terusir (resistivity of flushed zone) hampir sama dengan harga tahanan jenis formasi (true resistivity).
5.        Harga porositas neutron lebih tinggi dari pada porositas densitas.


Demikian Artikel mengenai Zona Batuan Reservoir, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.