MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Analisis Cutting Pemboran (Analisis Odor/ Ignition Test/ Pengujian Bakar, Analisis Staining, dan Analisis Flourenscence)

Analisis Cutting Pemboran (Analisis Odor/ Ignition Test/ Pengujian Bakar, Analisis Staining, dan Analisis Flourenscence)
Add Comments
10/29/2019


Serbuk Bor (Cutting)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Analisa Cutting Pemboran. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Cutting adalah suatu material tertentu yang didapatkan melalui aktifitas pemboran. Material ini merupakan material hasil hancuran batuan yang terkena mata bor atau bit. yang terbawa oleh lumpur pemboran ke permukaan. Cutting merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk dapat menghasilkan suatu interpretasi mengenai kondisi bawah permukaan. Cutting dapat dideskripsikan dua cara, yaitu secara langsung ataun dengan menggunakan bantuan mikroskop binokuler. Deskripsi Cutting secara langsung sebaiknya berisi komponen-komponen seperti (Anonim 1990, Mud Logging Pretraining Guide, Geo service training department ).

Evaluasi hidrocarbon di dalam cutting untuk mengetahui ada tidaknya kandungan didalam suatu batuan,ada beberapa jenis hal yang harus dilakukan, yaitu:
1.        Analisis Odor/ Ignition Test (Pengujian Bakar)
Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui keberadaan minyak di dalam suatu batuan tertentu dengan menganalisa bau yang dihasilkan oleh kepingan batuan tersebut setelah melalui proses pembakaran.

Cutting yang mengindikasikan keberadaan hidrocarbon akan memilikibau tertentu, berikut ini adalah klasifikasinya:
a.    None      : tidak berbau
b.    Poor       : agak berbau
c.     Fair          : berbau
d.    Good      : berbau kuat

2.        Analisis Staining
Metode ini dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan minyak didalam batuan dengan cara mengidentifikasi pada noda yang ditinggalkan. Oleh kepingan batuan yang dicampurkan dengan larutan tertentu, seperti etanol, kepingan batuan yang mengandung minyak akan meninggalkan noda yang terlihat cukup jelas. Berikut ini adalah table klasifikasi staining.

% Stain show
Number
0
Tidak bernoda
0-40
Sedikit bernoda
40-85
Bernoda
85-100
Bernoda banyak

3.        Analisis Flourenscence
Metode ini merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui keberadaan didalam batuan dengan mengidentifikasi cahaya yang terbentuk akibat sinar ultra violet yang dipancarkan oleh minyak. Warna yang dihasilkan tergandung berat jenis yanf dimiliki oleh minyak di dalamnya. beriku ini adalah table klasifikasi flourenscence:

Warna Flourencence
Berat jenis (Gravity) API
Coklat
< 15
Orange
15 – 25
Kuning-Cream
25 – 35
Putih
35 – 45
Biru Putih sampai Violet
> 45


Demikian Artikel mengenai Analisis Cutting Pemboran (Analisis Odor/ Ignition Test/ Pengujian Bakar, Analisis Staining, dan Analisis Flourenscence), kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.