MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Pengolahan Limbah secara Aerob dan Anaerob

Penjelasan Lengkap Pengolahan Limbah secara Aerob dan Anaerob
Add Comments
10/22/2019


 Pengolahan Limbah secara Aerob dan Anaerob

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan membahas mengenai Penjelasan Lengkap Pengolahan Limbah secara Aerob dan Anaerob. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Limbah adalah kotoran yang dihasilkan karena pembuangan sampah atau zat kimia dari pabrik-pabrik suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga, tapi kita tidak mengetahui bahwa limbah juga bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar. Limbah cair yang dikeluarkan oleh industri-industri masih menjadi masalah bagi lingkungan sekitarnya. Industri rumah tangga mengalirkan langsung air limbahnya ke selokan atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu polutan organik yang cukup tinggi. Penguraian secara sempurna senyawa organik yang berasal dari buangan di dalam periode waktu yang relatif singkat. Penguraian dilakukan oleh bakteri dan hal ini dipengaruhi oleh jumlah sumber nutrien, jumlah oksigen. Proses pengolahan secara anaerobik terjadi disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme pada saat tidak ada oksigen bebas Senyawa berbentuk anorganik atau organik pekat yang umumnya berasal dari industri sukar atau lambat sekali untuk diolah secara aerobik, maka pengolahan dilakukan secara anaerobik.

Menurut Vegantara (2009), salah satu cara pengolahan limbah cair adalah dengan menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan sistem pencerna anaerob atau anaerob digester. Sistem pengolahan ini tidak memerlukan tempat yang luas serta memiliki biaya investasi yang lebih rendah, selain itu gas metan yang terbentuk selama proses fermentasi dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi baik sebagai bahan bakar ataupun dikonversi ke energi listrik.

Kelebihan proses anaerobik adalah derajat stabilitas yang tinggi, produk lumpur buatan biologis rendah, kebutuhan nutrien rendah, dan dihasilkan gas metan yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Pengolahan limbah cair secara anaerobik dalam aplikasinya menggunakan media biofilter dalam reaktor anaerob. Media biofilter yang digunakan bertujuan untuk tempat melekatnya mikroorganisme sehingga berguna untuk perkembangbiakan mikroorganisme tersebut. Contoh proses pengolahan anaerobik yaitu sistem anaerobik filter atau dikenal juga dengan sebutan Fixed Bed Reactor atau Fixed Film Reactor. Fixed Bed Reactor adalah salah satu cara pengolahan limbah yang menerapkan proses biologis secara anaerob dengan menggunakan sistem pertumbuhan mikroorganisme melekat. Mikroorganisme tumbuh dan berkembang dengan menempel pada suatu media. Didalam reaktor dipilih sistem pertumbuhan mikroorganisme melekat pada media tumbuh dengan harapan distribusi mikroorganisme tersebar merata diseluruh reaktor tanpa bantuan energi (Padmono 2003).

Proses anaerobik yang terjadi secara umum yaitu tahap hidrolasi dan fermentasi.
Hidrolisis dan fermentasi adalah pengubahan senyawa organik yang bersifat kompleks menjadi bentuk sederhana dan bersifat organik terlarut. Perubahan senyawa ini dilakukan oleh bakteri fermentatif dengan menggunakan enzim yang diproduksinya. Setiap penurunan kadar COD, BOD, TSS, maupun zat organik pada proses pengolahan limbah cair maka proses anaerobik memberikan kontribusi terbesar dibandingkan pada proses aerobik. Hal ini dikarenakan proses anaerobik adalah proses multi tahap yang melibatkan bakteri anaerobik.

Beban pengolahan pada limbah pada proses anaerobik sangat besar dan senyawa-senyawa organik yang terkandung didalam limbah didegradasi secara mikrobiologis menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana dengan melalui tahapan hidrolisis, asetogenesis, dan metanogenesis. Hasil akhir dari proses ini adalah gas metan dan karbondioksida. Berbeda dengan proses anaerobik, proses aerobik lebih sederhana dengan beban pengolahan limbah yang jauh lebih ringan dan merupakan upaya lanjutan untuk mendegradasi senyawa-senyawa organik. Hasil pengolahan limbah pada proses anaerobik masih mengandung zat organik dan nutrisi yang dapat diubah menjadi sel-sel baru, hidrogen, karbondioksida, dan produk-produk akhir lainnya. Menurut Said (2002), hasil pengolahan dengan proses anaerobik masih menimbulkan sedikit bau dan efluen agak keruh serta berwarna kuning muda. Oleh karena itu, untuk selanjutnya diperlukan adanya penambahan proses secara aerobik agar kualitas efluen menjadi lebih baik lagi dengan tidak ada lagi bau dan lebih bening.


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Pengolahan Limbah secara Aerob dan Anaerob, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.