MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Penjelasan Lengkap Bahaya Kosmetik Bermerkuri
Add Comments
11/08/2019


Kosmetik Bermerkuri
Kosmetik Bermerkuri

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap Bahaya Kosmetik Bermerkuri. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Tahukah anda, apa itu merkuri ? Untuk menunjang penampilan wanita, saat ini tentu banyak beredar kosmetik yang membuat wanita tertarik menggunakannya. Karena bagi wanita kecantikan adalah yang utama, untuk membuat seorang wanita dapat terlihat menarik dan menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang melihatnya. Oleh karena itu, pemakaian kosmetik sangat diperlukan agar wanita terlihat lebih menarik juga dapat membangkitkan kepercayaan diri bagi wanita itu sendiri jika berinteraksi dengan orang lain. Namun, saat ini kosmetik yang telah beredar mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya adalah merkuri.

Merkuri atau air raksa (Hg) merupakan golongan logam berat dengan nomor atom 80 dan berat atom 200,6. Merkuri merupakan unsur yang sangat jarang dalam kerak bumi, dan relatif terkonsentrasi pada beberapa daerah vulkanik dan endapan-endapan mineral biji dari logam-logam berat. Merkuri digunakan pada berbagai aplikasi seperti amalgam gigi, sebagai fungisida, dan beberapa penggunaan industri termasuk untuk proses penambangan emas. Dari kegiatan penambangan tersebut menyebabkan tingginya konsentrasi merkuri dalam air tanah dan air permukaan pada daerah pertambangan. Elemen air raksa relatif tidak berbahaya kecuali kalau menguap dan terhirup secara langsung pada paru-paru.

Bentuk racun dari air raksa pada proses masuk pada tubuh manusia adalah methyl mercury (CH3Hg+ dan CH3-Hg-CH3) dan garam organik, partikel mercuric khlor (HgCl2). Methyl mercury dapat dibentuk oleh bakteri pada endapan dan air yang bersifat asam. Ion merkuri anorganik adalah bersifat racun akut. Elemen merkuri mempunyai waktu tinggal yang relatif pendek pada tubuh manusia tetapi persenyawaan methyl mercury tinggal pada tubuh manusia 10 kali lebih lama merkuri berbentuk metal (logam) dan menyebabkan tidak berfungsinya otak, gelisah/gugup, ginjal, dan kerusakan liver pada kelahiran (cacat lahir).

Methyl mercury terakumulasi pada rantai makanan, sebagai contoh adalah merkuri bisa masuk ke dalam tubuh manusia dengan mengkonsumsi ikan yang hidup pada perairan yang tercemar merkuri. Senyawa phenyl mercury (C6H5Hg+ dan C6H5-Hg-C6H5) bersifat racun moderat dengan waktu tinggal yang pendek pada tubuh tetapi senyawa ini berubah bentuk secara cepat pada lingkungan menjadi bentuk merkuri anorganik. Dari survei efek bahaya, merkuri ini adalah bersifat racun bagi semua bentuk kehidupan, dan bersifat lambat untuk dikeluarkan dari tubuh manusia. Methyl mercury beracun 50 kali lebih kuat daripada merkuri anorganik.

Dengan sifatnya yang demikian, merkuri menjadi unsur yang sangat beracun bagi semua makhluk hidup, baik itu dalam bentuk unsur tunggal (logam) ataupun dalam bentuk persenyawaan (membentuk senyawa dengan unsur yang lain). Banyak beredar kosmetik yang mengandung merkuri, karena dengan memakai produk kosmetik yang mengandung merkuri tersebut  membuat kulit menjadi putih, wajah terhindar dari jerawat, serta mendapatkan hasil wajah yang putih dan bersih dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, banyak wanita tertarik menggunakan produk kosmetik yang mengandung merkuri. Karena hasil yang didapat pada wajah sangat memuaskan. Namun, wanita tidak sadar akan bahaya yang ditimbulkan dari pemakaian produk kosmetik bermerkuri.

Yang perlu wanita ketahui tentang bahaya produk kosmetik bermerkuri adalah:
1.        Dapat memperlambat pertumbuhan janin
2.        Mengakibatkan keguguran (kematian janin dan mandul)
3.        Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar ) dan bila pemakaian itu dihentikan, flek itu dapat timbul lagi dan bertambah parah(melebar)
4.        Efek Rebound yaitu memberikan respon berlawanan (kulit akan menjadi gelap/kusam saat pemakaian kosmetik dihentikan)
5.        Dapat mengakibatkan kanker kulit
6.        Kulit yang berubah warna setelah memakai krim dengan merkuri pada awalnya dapat mengalami iritasi dan kemerahan saat terkena matahari.

Kulit sama sekali tidak berjerawat disebabkan karena lapisan kulit epidermis sudah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein dan melanin yang berfungsi melindungi radiasi paparan matahari, karenyanya kuman-kuman tidak akan menyukainya termasuk nyamuk sekalipun. Kondisi kulit yang tercemar merkuri ini tidak berlangsung lama, setelah kondisi kulit telah rusak bisa timbul benjolan-benjolan bernanah.

Sepintas kulit yang tercemar merkuri tampak halus dan pori-pori tampak mengecil. Namun sebenarnya hal itu disebabkan lapisan kulit terluar wajah telah tipis dan tergerus oleh logam merkuri. Anda bisa merasakannya saat kulit terkena matahari, kulit tercemar merkuri akan terasa terbakar, gatal disertai kemerahan karena kulit wajah sudah tidak mendapat perlindungan dari melanin. 

Terakhir yang perlu anda ingat bahwa kandungan merkuri yang terdapat dalam produk kosmetik dapat terserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh dan akhirnya mengendap di dalam ginjal yang ujung-ujungnya dapat mengakibatkan gagal ginjal yang parah. Jika digunakan dalam waktu lama dapat menimbulkan keracunan.

Dari bahaya-bahaya yang ditimbulkan tersebut wanita harus lebih berhati-hati dalam memakai dan memilih produk kosmetik yang dapat digunakan dalam jangka panjang namun aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Penampilan yang menarik bisa didapatkan tanpa harus menggunakan produk bermerkuri yaitu dengan selalu merawat wajah dengan benar, mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur dan diselingi dengan penggunaan kosmetik yang aman untuk menunjang perawatan kulit wajah. Wajah yang cantik tidak perlu dengan warna kulit yang putih, kulit yang sehat juga dapat membuat wanita terlihat cantik dan menarik. Akan tetapi kenyataannya wanita justru mengabaikan bahaya yang ditimbulkan oleh merkuri, hal inilah yang membuat para produsen kosmetik terus mendistribusikan produk kosmetik bermerkuri, walaupun pemerintah telah membuat peraturan khusus dalam pengedaran kosmetik bermerkuri.

Kenyataanya sampai saat ini, kosmetik bermerkuri masih terus dipasarkan dan jumlah  wanita yang mengkonsumsi terus meningkat melihat hasil produk kosmetik ini memberikan hasil yang memuaskan yang sesuai dijanjikan oleh produsen. Produsen sendiri hanya memikirkan keuntungan yang diperoleh dari pemasaran kosmetik bermerkuri tersebut dengan menjanjikan bahwa produk kosmetik yang dihasilkan aman bagi kesehatan. Namun wanita sendiri mudah mempercayai bahwa kosmetik bermerkuri aman untuk digunakan. Karena dari pemakaiannya membuat perubahan yang memuaskan bagi penggunanya, kebanyakan wanita tidak sadar akan bahayanya namun bagi mereka kecantikan serta penampilan yang utama. Mendapatkan kulit yang putih dan bersih dalam waktu singkat adalah impian wanita yang membuat mereka memilih cara instan untuk mendapatkan kulit yang mereka inginkan. Ada yang sadar akan bahaya pemakaian kosmetik bermerkuri.

Namun, mereka telah nyaman menggunakannya sehingga sulit untuk menghentikan pemakaian produk tersebut. Karena perlu diketahui bahwa kosmetik yang mengandung merkuri membuat ketergantungan bagi si pemakai. Sehingga sulit bagi wanita untuk tidak lagi menggunakannya, karena setelah pemakaian dihentikan kulit menjadi rusak, banyak timbul jerawat diwajah  yang meradang serta warna kulit menjadi lebih gelap, lama kelamaan akan mengakibatkan kanker kulit. Untuk konsumsi dalam jangka waktu yang lama, tidak hanya efek kanker kulit yang ditimbulkan. Namun, akan berbahaya juga bagi organ tubuh lainnya seperti gagal ginjal, cacat pada janin, keguguran, kercunan, dll. Karena merkuri ini akan mengendap ditubuh, sangat sulit untuk mengeluarkan logam berat tersebut. Kendati hanya dioleskan ke permukaan kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah lalu ,memasuki system saraf tubuh. Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan system saraf, seperti tremor (gemetar), insomnia (tidak bisa tidur), pikun, gangguan penglihatan, ataxia (gerakan tangan tak normal), dll.

Oleh karena umumnya tak terduga kalau itu penyakitnya, kasus keracunan merkuri sering didiagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak. Setelah sekian lama, kosmetik tersebut  akan diserap melalui kulit dan dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh, akhirnya merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal, sehingga menyebabkan gagal ginjal.
Produk kosmetik yang dipakai tersebut akan menyebabkan iritasi parah pada kulit, yakni berupa kulit yang kemerah-merahan dan menyebabkan kulit menjadi mengkilap secara tidak normal.
Produk kosmetik bermerkuri umumnya menjanjikan wajah putih dalam tempo singkat. Seminggu saja menggunakan produk ini, wajah dijamin langsung cling.

"Kalau ada produk yang bisa membuat wajah menjadi putih dalam seminggu, konsumen harus  waspada karena kemungkinan produk itu mengandung merkuri. Kosmetik yang aman bisa memutihkan kulit, namun membutuhkan waktu yang lama bahkan bisa berbulan-bulan. Jika wanita terlanjur mengkonsumsi kosmetik bermerkuri solusi yang dilakukan agar dapat menghilangkan merkuri dalam tubuh yaitu:
1.        Mengkonsumsi teh hitam dan teh hijau tanpa gula. Keduanya berkhasiat untuk melawan racun, memperkuat system kekebalan tubuh serta menetralisir efek merkuri.
2.        Minumlah minuman yang mengeluarkan logam berat dari tubuh. Saat ini banyak beredar produk-produk minuman yang mengandung klorofil yang bisa membuang heavy metals dalam tubuh, karena hanya algae yang mampu menyerap logam berat termasuk merkuri
3.        Terapi Balur. Terapi ini melayani pasien yang keracunan merkuri.
4.        Terapi Khelasi merkuri dengan DMSA. Terapi ini merupakan suatu metoda yang digunakan dalam mengatasi keracunan logam berat seperti merkuri. Metoda ini menggunakan senyawa organik tertentu yang dapat mengikat merkuri dan mengeluarkannya dari dalam tubuh manusia mengatasi keracunan logam berat seperti merkuri. Metoda ini menggunakan senyawa organik tertentu yang dapat mengikat merkuri dan mengeluarkannya dari dalam tubuh manusia.

Jangan sampai keinginan  untuk menjadi cantik malah membawa malapetaka. Akan lebih baik jika wanita menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dijamin tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Jangan pernah tergiur dalam sebuah promosi produk yang mengatakan bahwa anda dapat membuat kulit anda menjadi putih dalam sekejap atau dalam beberapa hari saja. Perlu wanita ketahui, membuat kulit menjadi putih itu membutuhkan proses dan prosesnya bisa cukup lama karena hal ini akan berkaitan dengan masalah pigmentasi kulit. Jika menemukan produk yang mengatakan dapat memutihkan kulit dalam waktu singkat, disitulah wanita harus berhati-hati. Jika sudah berbicara merubah warna kulit, pasti akan ada hubungannya dengan bahan kimia kosmetik bermerkuri yang dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Karenanya, penting bagi kita sebagai manusia yang diberi anugerah otak dan bentuk yang paling sempurna dari Tuhan, untuk selalu menjaga kesehatan, memastikan tidak ada logam yang masuk ke dalam tubuh kita walaupun dalam jumlah yang sedikit. Terutama wanita, sejatinya ia menjaga kecantikannya luar dan dalam dengan selalu memperhatikan masa depan kecantikannya sendiri dan generasinya kelak. Karena sungguh, ketika merkuri telah masuk ke dalam tubuh seorang wanita, bukan hanya kecantikannya yang terancam, melainkan juga organ-organ tubuhnya yang penting serta anak yang akan dilahirkannya kelak. Jadi, selamatkan dirimu wanita, karena kecantikanmu adalah asetmu. Maka tidak selayaknya wanita  memilih merkuri untuk kecantikan sesaat yang siap membunuh tanpa wanita sadari.


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Bahaya Kosmetik Bermerkuri, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.