MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Percobaan Penentuan Cloud Point dan Pour Point pada Minyak Mentah (Crude Oil)

Percobaan Penentuan Cloud Point dan Pour Point pada Minyak Mentah (Crude Oil)
Add Comments
11/11/2019


Yar, Thermometer, Batch, Karet / Gabus, Jacket dan Gasket

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Percobaan Penentuan Cloud Point dan Pour Point pada Minyak Mentah (Crude Oil). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


TUJUAN PERCOBAAN
1.        Menentukan Titik Kabut (Cloud Point) dari Minyak Mentah (Crude Oil)yang tembus cahaya pada ketebalan 1,5 inch
2.        Menetukan Titik Tuang (Pour Point), dikerjakan untuk semua jenis Minyak Mentah (Crude Oil).


PRINSIP PERCOBAAN
Salah satu dari  hampir sifat dari Minyak adalah dapat membeku menjadi semi – fluida atau masa – solid yang sukar bergerak jika terhadapnya menjadi penurunan themperatur.

Test Titik Kabut (Cloud Point) umunya dilakukan pada Minyak yang dihasilkan dengan cara destilasi, Test ini menentukan temperatur saat Wax  (Lilin Paraffin) mulai mengkristal dan terpisah dari larutan Minyak sehingga membentuk semacam Kabut tipis.

Test Titik Tuang (Pour Point) dilakukan untuk menentukan Themperature saat Minyak tidak dapat mengalir lagi, besarnya Pour Point berbeda untuk tiap type Minyak, tergantung pada xat yang dikandungnya.

Untuk pelaksanaan Test ini, sampel Minyak ditempatkan dalam botol atau Yar yang dilengkapi dengan Thermometer, kemudian diletakan pada medium pendingin untuk diamati themperatur dan fluidanya.

Dalam menetukan Titik Kabut, sampel diamati tiap penurunan themperatur 2 °F sehingga terbentuk Endapan (Kabut) sedangkan untuk Titik Tuang, sampel diamati stiap penurunan suhu 5 °F sehingga tidak mengalir lagi bila dituangkan.


PERALATAN YANG DIGUNAKAN
1.        Yar
2.        Thermometer
3.        Batch
4.        Karet / Gabus
5.        Jacket
6.        Gasket


PROSEDUR PERCOBAAN
1.        Cloud Point
a.    Minyak yang akan di Test sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sampai 115 °F, lembab atau air yang terdapat pada sampel dapat dihilangkan dengan menyaringnya dengan Kertas Filter sampai Minyak menjadi terang.
b.    Sebelum sampel dituangkan, Yar dan Thermometer harus benar – benar kering.
c.     Tuangkan sampel kedalam Yar setinggi 2 sd 2,5 inch
d.    Pasang tutup Karet / Gabus, dan ujung thermometer harus terbenam dalam sampel.
e.    Isi bath dengan bahan pendingin (Es), dan pertahankan themperaturnya.
f.     Mengamati keadaan sampel sampai  tiap penurunan tiap 2 °F dengan cara mengeluarkan Yar dari Jacket dan memeriksa kabutnya, dalam mengerjakan ini mengusahakan jangan lebih dari 3 – 5 detik.
g.    Bila telah terlihat kabut pada dasar tabung, mencatat themperaturnya.
h.    Sampel selanjutnya dapat digunakan untuk memeriksa Titik tuang

2.        Pour Point
a.    Menuangkan sampel kedalam Layer setinggi 2 – 2,5 inch dan kalau perlu sampel dipanaskan dahulu untuk memudahkan dalam penuangannya.
b.    Memasang tutup gabus dengan Thermometer -nya, ujung bawah thermometer harus 3 mm dibawah permukaan sampel.
c.     Memanaskan sampel sampai 115 °F lalu mendinginkan di udara.
d.    Memasukan Yar kedalam Jacket
e.    Bila sudah terbentuk Kabut, mengusahakan jangan ada gangguan pada pemeriksaan.
f.     Mengamati sampel pada saat terjadi penurunan suhu 5 °F, dengan sedikit dimiringkan
g.    Bila sampel masih bergerak ketika dimiringkan segera memasukan kembali kedalam Jacket, sedangkan jika sampel tidak bergerak dengan kemiringan tabung selama 5 detik, membaca temperaturnya dan menambahkan 5 °F sebagai Titik tuang.


Demikian Artikel mengenai Percobaan Penentuan Cloud Point dan Pour Point pada Minyak Mentah (Crude Oil), kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.