MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

21 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia

21 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia
Add Comments
4/28/2020



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai 21 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Immune System (Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia)

Ilmuwan nutrisi Dokter Matthew Lantz blaylock, BS, PhD, MP NLP, ACMC, mengatakan pada Hari Kamis (26 October 2017) di Jakarta, Sistem Imun / kekebalan / daya tahan tubuh itu memiliki tiga fungsi utama, yaitu:
1.     Melindungi tubuh dari patogen, bakteri maupun virus
2.     Membantu membersihkan sel yang rusak atau tidak sehat
3.     Menjaga tubuh dari partikel asing seperti polusi dan debu

Sistem Imun / kekebalan / daya tahan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Salah satu penyakit infeksi yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika sistem imun / kekebalan / daya tahan tubuhnya lemah adalah COVID-19 atau infeksi virus Corona.

Makanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dilansir dari Alo Dokter, Health Line dan Very Well Health, berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan / daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh:

1. Brokoli
Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E serta mineral. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda santap.

Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah memasaknya secepat mungkin atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.


2. Bayam
Kandungan antioksidan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.


3. Bawang Putih
Bawang putih ditemukan hampir setiap masakan di dunia. Bawang putih menambah cita rasa untuk makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan Anda. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi.

Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung mengandung belerang, seperti allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health Trusted Source, bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.


4. Kunyit
Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

Meski begitu, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit masih perlu diteliti lebih lanjut.


5. Buah-buahan
Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.


6. Makanan Laut
Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.


7. Yoghurt
Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain yoghurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti kimchi atau tempe.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA.

Yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawar daripada jenis-jenis yang sarat dengan gula.

Anda bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang hebat, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan diduga meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari beragam jenis makanan di atas.


8. Buah Sitrus
Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah tidak enak badan. Hal itu karena dapat membantu membangun system imun tubuh. Vitamin C disebut meningkatkan produksi sel darah putih dan itu adalah kunci memerangi infeksi.

Buah sitrus yang populer meliputi jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan clementine. Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya, Anda memerlukan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan.

Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan variasi yang bisa dipilih, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke sajian apapun.


9. Paprika Merah
Jika Anda berpikir buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran, pikirkan lagi. Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Paprika merah juga sumber beta karoten yang kaya.

Selain meningkatkan sistem imun tubuh Anda, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.


10. Jahe
Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan saat sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya dan membantu mengurangi mual.


11. Bayam
Bayam bukan hanya karena kaya akan vitamin C, tetapi juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita.

Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak secepat mungkin sehingga bisa mempertahankan nutrisi. Namun, masakan ringan meningkatkan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.


12. Almond
Ketika datang untuk mencegah dan melawan pilek, vitamin E cenderung mengambil kursi belakang untuk vitamin C.

Namun, vitamin E adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat yang larut dalam lemak, artinya membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Kacang-kacangan, seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat.


13. Minuh Jus Buah
Bukan hanya makanan sehat, ternyata ada lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas lho. Salah satunya dengan mengkonsumsi berbagai macam jus buah. Selain segar dan menyehatkan, ada beberapa buah jika dicampurkan, ternyata bisa menjadi booster imun, minuman kesehatan namun tetap enak saat dikonsumsi.

Berikut jus yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.
a.    Jus Jeruk
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah jeruk disinyalir bisa menangkal radikal bebas. Jus jeruk juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Mengonsumsi jus secara jeruk secara rutin akan melengkapi tubuh dengan vitamin C yang berperan aktif melawan infeksi. Agar mendapatkan khasiat yang maksimal, hindari menambahkan gula ke dalam jus Anda.

b.    Jus Semangka
Buah semangka memiliki kandundanga nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun. Jus semangka juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri di otot – gejala yang sering timbul saat terserang flu. Karena memiliki kandungan air yang tinggi, semangka sangat mudah hancur ketika kita memasukkannya ke dalam blender.

c.     Jus kale, bayam, dan selada
Mungkin jus dengan campuran kale, bayam,  dan selada memang asing. Namun, perpaduan tiga bahan tersebut rupanya memiliki banyak kandungan vitamin, yakni A, C, B-6, serta zat besi, dan kalsium sehingga bisa meningkatkan sistem imun dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

d.    Jus tomat
Jus tomat segar sangat efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung folat yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi.

e.    Jus tomat, kale dan seleri
Jika ingin meminum jus yang lebih kaya nutrisi, Anda bisa mencoba resep satu ini, yaitu menggabungkan tomat, kale dan seleri. Kandungan jus ini akan memberikan vitamin A dan C, magnesium, potasium, zat besi, dan juga lemak nabati. Selain menaikkan sistem kekebalan tubuh, jus campuran satu ini juga akan memberikan kita perlindungan dari peradangan.

f.      Jus wortel, jeruk, dan apel
Kombinasi dari wortel, apel, dan jeruk akan memberikan perlindungan terhadap flu dan demam. Nutrien yang didapatkan dari jus sehat ini adalah vitamin A, B-6, dan C serta potasium, dan asam folik.

g.    Jus bit, kunyit, jahe
Kunyit dan jahe sejak sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk dan pilek. Ketika dipadukan dengan bit, maka khasiatnya akan semakin baik pula, karena bit memiliki kandungan antiperadangan yang tinggi.


14. Vitamin A
Vitamin A dapat ditemukan dalam produk-produk seperti:
a.    Daging sapi
b.    Ikan
c.     Unggas
d.    Produk susu
e.    Buah-buahan
f.      Sayuran

Vitamin ini, selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, juga membantu Anda memiliki gigi, kulit, dan jaringan lunak dan tulang yang sehat. Selain itu, ini juga bagus untuk penglihatan Anda.


15. Vitamin C
Nutrisi penting seperti vitamin C dapat bertindak sebagai agen antioksidan. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Beberapa bukti penelitian bahkan menemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada orang dengan stres dan cemas berat.

Asupan vitamin C bisa didapat dari makanan berikut ini:
a.    Buah-buahan sitrus seperti jeruk
b.    Buah kiwi
c.     Paprika merah dan hijau
d.    Brokoli
e.    Buah stroberi.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk tumbuh, dan terutama untuk memperbaiki jaringan tubuh. Penting untuk mendapatkan vitamin C yang cukup untuk menjaga tulang, ligamen, tendon, pembuluh darah, dan umumnya semua tubuh sehat. Di antara manfaat kesehatan alami utamanya, vitamin C juga membantu:
·      Luka sembuh lebih cepat
·      Cegah penuaan sel berkat antioksidan
·      Menghilangkan racun tubuh
·      Memerangi radikal bebas

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus mengonsumsi melon, kiwi, mangga, pepaya, buah jeruk, stroberi, dan cranberry.


16. Vitamin E
Sama seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan agen antioksidan yang kuat. Penelitian menunjukkan, vitamin E sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama untuk orang lanjut usia.

Asupan vitamin E bisa didapat dari makanan berikut ini:
a.    Minyak biji gandum
b.    Kacang almond
c.     Biji bunga matahari
d.    Kacang hazel
e.    Selai kacang.


17. Zync
Zync merupakan mineral penting yang terlibat dalam produksi sel-sel untuk kekebalan tubuh. National Institutes of Health (NIH) mengingatkan bahwa kadar zync yang kurang dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh.

Asupan zync bisa didapat dari makanan berikut ini:
a.    Jamur tiram
b.    Kacang panggang
c.     Kacang mete
d.    Kismis
e.    Buncis
f.      Daging tanpa lemak.


18. Karotenoid
Karotenoid merupakan agen antioksidan yang ditemukan secara alami di sejumlah tanaman. Saat dikonsumsi, karotenoid dikonversi menjadi vitamin A sebagai nutrisi yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Asupan karotenoid bisa didapat dari makanan berikut ini:
a.    Wortel
b.    Kubis
c.     Apricot
d.    Papaya
e.    Mangga.


19. Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak esensial yang dapat membantu mengatasi peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Kendati demikian, sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat asam lemak omega-3 dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis gangguan sistem imun seperti penyakit Crohn (radang usus kronis), kolitis ulseratif (peradangan pada usus besar), dan artritis reumatoid.

Asupan asam lemak omega-3 bisa didapat dari makanan berikut ini:
a.    Ikan berminyak seperti makarel, tuna, salmon, dan sarden
b.    Biji rami
c.     Kacang kenari.


20. Kefir
Minuman susu asam ini juga mengemas banyak probiotik sehat. Sementara ini, belum banyak penelitian yang membuktikan khasiat kefir. Namun, penelitian awal menunjukkan bahwa kefir bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.


21. Minum Teh Hitam dan The Hijau
Dalam penelitian Harvard, orang-orang yang minum 5 cangkir teh hitam selama 2 minggu memiliki kadar interferon penangkal serangan virus, 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang meminum minuman plasebo panas.

Kandungan asam amino yang bertanggung jawab atas peningkatan daya tahan tubuh ini, L-theanin, sangat banyak dalam teh hitam dan teh hijau, bahkan teh nonkafein juga memilikinya! Dosis optimalnya adalah beberapa cangkir setiap hari.

Sedangkan Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Kandungan tersebut dikenal dapat melawan infeksi. Tentu saja konsumsi teh hijau tak perlu sampai berlebihan, ya. Tetap imbangi juga dengan pola makan dan gaya hidup sehat.


Selain 21 Makanan diatas sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air putih merupakan minuman terbaik yang pernah ada sejak dulu. Saat Anda cukup minum air, tubuh akan dibersihkan dari berbagai kotoran, khususnya pada pencernaan. Hal inilah yang membuat kekebalan tubuh meningkat.

Jadi, sebaiknya Anda pastikan sudah mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup minimal 2 liter per hari atau lebih karena minuman ini tidak memiliki efek samping yang buruk pada tubuh.



Demikian Artikel mengenai 21 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.