MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Hikmah dan Pelajaran dari Pandemik Global Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

Hikmah dan Pelajaran dari Pandemik Global Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)
Add Comments
4/28/2020

Krisis Ekonomi Akibat Pandemik Global Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Hikmah dan Pelajaran dari Pandemik Global Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” .

Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

Covid-19 atau COVID-19 merupakan akronim dari coronavirus disease 2019. Coronavirus adalah keluarga virus yang beberapa di antaranya menyebabkan penyakit pada manusia, ada pula yang tidak. Virus korona tipe baru yang tengah menjadi pandemi ini bernama SARS-CoV-2 (severe acute respiratory syndrome-coronavirus-2). Virus inilah yang menyebabkan Covid-19.

Dalam istilah sederhana, dilansir dari The Sun, Covid-19 adalah singkatan dari Corona (CO), Virus (VI) Disease (D) dan tahun 2019 (19) / (Corona Virus Disease 2019), yang mana virus corona Covid-19 ini pertama kali muncul di tahun 2019.

Dua versi penulisan akronim itu Covid-19 dan COVID-19 terjadi karena ada dua sudut pandang yang berbeda. Penulisan Covid-19 didasarkan pada anggapan bahwa akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital.

Pandemik Wabah Covid-19 yang terjadi mulai akhir Tahun 2019 menjadi masalah besar semua negara dan masyarakat di seluruh Dunia; Kota-kota dan Negara-negara menerapkan lockdown, PHK massal tenaga kerja dibeberapa perusahaan di Dunia, Ekonomi global melambat, Pangan dan minyak Dunia anjlok, dan masih banyak lagi masalah-masalah lainya yang timbul akibat Pandemik Wabah Covid-19.

Namun, dibalik segala musibah yang terjadi di Bumi akibat Pandemik Wabah Covid-19, tentu ada Hikmah dan Pelajaran yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan, agar kita sebagai manusia senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada-nya. Bagi orang yang beriman, setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini, selalu terkait dan harus selalu dikaitkan dengan perilaku manusia. Demikian pula pandemik wabah Covid-19 yang sekarang menjadi Pandemi Global, bukan semata wabah tetapi juga terkait dengan semua bidang kehidupan, termasuk sangat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Dalam sebuah hadits riwayat Imam Thabrani, Rasulullah Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam. bersabda: “(Ada) lima perbuatan (yang akan mengakibatkan) lima malapetaka:

1.        Tidaklah suatu bangsa mudah mengingkari janji, kecuali akan dikendalikan oleh musuh-musuh mereka.
2.        Tidaklah mereka berhukum dengan sesuatu yang bukan diturunkan Allah, kecuali akan tersebar kefakiran.
3.        Tidaklah merajalela disuatu tempat perzinahan, kecuali akan merajalela pula penyakit yang membawa kematian.
4.        Tidaklah mereka mempermainkan takaran/timbangan atau kwalitas suatu barang, kecuali akan dihambat tumbuhnya tanaman, dan akan disiksa dengan kemarau panjang.
5.        Tidaklah mereka mengingkari/menolak untuk mengeluarkan zakat, kecuali akan dihambat turunnya hujan yang membawa keberkahan.” (HR. Thabrani dari Ibnu Abbas). Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam QS Ar Ruum (30) ayat 41:

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum [30]: 41).

Inti dari kegiatan Muhasabah pada setiap kejadian, apalagi yang berskala luas dan global, seperti Covid -19, adalah mengambil ibrah, nasihat dan pelajaran, untuk meningkatkan kualitas iman/ kesadaran tauhid, meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, meningkatkan kepatuhan pada syariat Islam sebagai syariat yang kaffah (QS. Al-Baqarah [2] ayat 208), meningkatkan kesadaran untuk terus mencari ilmu, dan meningkatkan kesadaran simpati, empati dan menolong sesama. Ada beberapa pelajaran dari adanya wabah Covid-19, antara lain:
1.        Covid-19, menyadarkan kita semua pada keabsolutan kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
Semua makhluk berada dalam genggaman-nya dan tadbir-nya. Tidak ada satu pun makhluk/ manusia yang bisa melawan takdir dan ketentuan Nya. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam QS. Al-An’am [6] ayat 17 dan 18.

“Jika Allah menimpakan suatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu (17) Dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui (18).” (QS. Al-An’am [6]: 17-18). Karena itu, manusia tidak boleh sombong dan takabbur dengan kekuasaan yang digenggamnya, dengan ilmu pengetahuan yang dikuasainya, dan dengan harta yang dimilikinya.

2.     Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menurunkan syariat-Nya melalui para Rasul-Nya, untuk ditaati dan diikuti dan diimplementasikan dalam seluruh tatanan kehidupan, agar manusia hidup nya bahagia dan sejahtera dunia dan akhirat (Al-Falah). Firman-Nya dalam QS. An-Nuur [24] ayat 51 dan 52:

“Sesungguhnya jawaban orang-orang mu’min, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan.” “Kami mendengar dan kami patuh.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan (52).” (QS. An-Nur [24]: 51-52).

3.     Pengingkaran manusia, baik secara individu maupun kolektif, apalagi disertai mempermainkan ajaran-Nya, hanyalah akan mengundang kesulitan dan malapetaka dalam kehidupan ini. Firman-Nya dalam QS. Thaha [20] ayat 124:

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Thaha [20]: 124).

Keengganan kita dalam melaksanakan ekonomi syariah yang bebas riba sebagai contoh, akan berakibat buruk terhadap kegiatan ekonomi itu secara luas. Karena dianggap menantang secara diametral terhadap ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Firman-Nya dalam QS. Al Baqarah ayat 278 dan 279:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman (278) Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya (279).” (QS. Al-Baqarah [2]: 278-279).

4.     Covid-19, mengajarkan kepada kita pola hidup yang sehat, makanan yang halal dan bersih, jasmani ruhani yang bersih, rumah tempat tinggal yang bersih, tempat ibadah (masjid) yang bersih dan terjaga dengan baik, dll. Firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah [2] ayat 168:

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. AlBaqarah [2]: 168).

5.     Covid-19, mengajarkan kepada kita tentang pentingnya memperkuat kesadaran untuk mencari ilmu (melalui membaca, research, dll) karena ternyata walaupun sekarang kita berada di era kemajuan science dan teknologi (seperti dunia kesehatan dan kedokteran) ternyata virus corona belum ditemukan obatnya. Maha benar Allah Swt dengan firman-Nya dalam surat Al-Kahfi [18] ayat 109, juga firman-Nya dalam QS. Al-Israa [17] ayat 85:

“Katakanlah: “Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimatkalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimatkalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” (QS. Al-Kahfi [18]: 109).

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (QS. Al-Isra’ [17]: 85).


Tentu masih banyak hikmah dan pelajaran lainnya yang bisa kita ambil dari pandemic wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) yang sudah menjadi pandemi global. Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjaga dan menolong kita semua dari berbagai musibah dan wabah penyakit yang membahayakan kehidupan kita. Wallahua’lam.

Poster / Leaflate / Sosialisasi GERMAS Pencegahan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)Poster / Leaflate / Sosialisasi GERMAS Pencegahan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Hikmah dan Pelajaran dari Pandemik Global Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.