MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penting - Ilmu Gizi Sederhana Sebelum Menikah

Penting - Ilmu Gizi Sederhana Sebelum Menikah
Add Comments
7/25/2020

Penting - Ilmu Gizi Sederhana Sebelum Menikah

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel kali ini kami menjelaskan secara lengkap mengenai Ilmu Gizi Sederhana Sebelum Menikah. Sebelum masuk ke penawaran kami marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS mengatakan bahwa memperbaiki gizi juga menjadi hal penting yang harus disiapkan dengan baik oleh para calon pengantin. Dia menuturkan, ilmu gizi terkini menunjukkan pentingnya gizi baik sejak dini untuk melahirkan bayi sehat dan mewujudkan generasi sehat berprestasi. Oleh karena itu, gizi yang baik menjelang kehamilan dan saat kehamilan menjadi suatu keniscayaan bagi pasangan yang mengharapkan generasi penerus sehat berprestasi,” tutur Prof Hardinsyah. Calon ibu dengan gizi yang baik akan bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas baik pula.

 

Pasangan suami istri harus punya pengetahuan dasar tentang keseimbangan makanan dan gizi di rumah. Bukan hanya demi kesehatan, tapi ini langkah suami agar menafkahi istri dengan cukup, dan langkah istri mensyukuri nafkah suaminya.  Sebelum menikah, mungkin tidak disadari bagi lelaki apabila tinggal di kost bersama orang yang tidak peduli juga dengan gizi. Engkau hanya tahu mencari uang, tanpa menyelidiki apa yang kau makan. Berlatihlah dengan diet air seimbang. Sudah berapa bungkus mie instan yang dimakan hari ini? Berapa gelas kopi ? berapa liter air putih? makanan yang digoreng atau direbus yang kau konsumsi? Kualitas kesehatanmu akan menentukan kesuburanmu dan juga tingkat emosimu.

 

Sebagai perempuan, kita mungkin menuruti hawa nafsu dengan membeli makanan ringan yang pedas dan asin. Tanpa sadar, akan berpengaruh kepada Rahim. Kegemukan, atau juga terlalu kurus, akan beresiko bagi kesehatan kandungan kita kelak. Apalagi jika ada kaitannya dengan ketertarikan kita kepada tubuh. Baik laki-laki maupun perempuan, harus mengusahakan tubuh yang baik bagi pasangannya. Bagi perempuan, menjaga tubuh akan terasa ketika kita ingin menjalani program diet kehamilan. Kita dipaksa untuk membiasakan makan buah, mengurangi msg, dan racun lainnya yang rasanya enak, karena kita juga harus peduli dengan nasib anak kita.

 

Bagi perempuan, sebelum menikah belajarlah memasak dengan menu gizi seimbang. Antara enak dan sehat itu berbeda. Sehat, belum tentu enak. Belajarlah mengingat makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan, dan  minuman yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Belajarlah memahami minuman apa yang baik bagi kesehatan suami kita, untuk memulihkan tenaganya karena keletihan seharian bekerja. Kita tidak bisa membayangkan banyak sebagian diantara lelaki diluar sana rela membuang harga dirinya ditempat kerja, demi berusaha memberikan kita kehidupan yang layak.

 

Belajarlah memasak dengan cepat dan ringkas. Saat suami kita lapar, tidak mungkin ia menunggu satu jam, hanya untuk melihat kita memasak. Sementara ia lapar dan sangat lelah. Buatlah suatu makanan yang memudarkan kemarahan dan kekecewaannya. Yang aromanya saja sudah menggiurkan.

 

Bagi lelaki engkau juga harus banyak belajar mengurangi jatah rokokmu untuk membeli buah apa yang tepat bagi masa haid, meningkatkan kesuburan istrimu, dan menjaga kecantikan kulit dan tubuhnya. Kurangilah acara minum kopi dan nongkrong diluar bersama rekanmu, gantilah dengan beberapa beberapa potong daging untuk mengembalikan kesehatan darah istrimu.

 

Rezeky dari Allah selalu cukup. Kita hanya harus pandai mengaturnya. Allah mempecayai kita dengan memberikan akal, kemampuan tubuh kita mendeteksi penyakit, lapar, serta merasakan kekurangan suatu zat. Allah senantiasa Adil dan sangat penyayang terhadap hambanya.  Untuk perempuan Hilangkan hambatan mental jangan bilang tidak bisa memasak. . Untuk lelaki  jangan bilang memasak urusan perempuan. Itu bukan ajaran islam. Ajaran islam mewajibkan kita lelaki, menafkahi istri, bukan hanya memberi uang. Nafkah juga termasuk menghitung detail nilai gizi yang cukup. Wahai perempuan jangalah kalian mengeluh. Dari sekarang cari sayur yang tepat untuk setiap kondisi, minuman apa yang meningkatkan stamina badan, dan mulailah menjaga agar badan tetap ideal.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penting - Ilmu Gizi Sederhana Sebelum Menikah, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.