MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Evaporator

Penjelasan Lengkap Evaporator
Add Comments
10/05/2020

  

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai salah satu Peralatan Operasi Pemisahan Industri Kimia yaitu Evaporator. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

EVAPORATOR

Evaporator merupakan salah satu komponern utama dalam sistem Refrigerasi kompresi uap. Fungsi pokok dari Evaporator adalah sebagai tempat perpindahan kalor antara refrigeran dan ruang atau bahan yang akan didinginkan. Disebut evaporator karena refrigeran pada proses pertukaran kalornya mengalami perubahan fasa dari cair menjadi uap (menguap, to evaporate).

 

Evaporator diklasifikasikan menurut konstruksinya dikategorikan dalam 3 dasar: tabung terbuka, tabung bersirip dan pelat permukaan koil. Setiap jenis memenuhi kebutuhan tertentu. Jenis evaporator ini harus dipertimbangkan sebelum gunakan. Tidak semua cocok untuk semua situasi.

 

1.        Bare-Tube Evaporator (Evaporator Tabung Terbuka)

Di tampilkan di sini adalah dua jenis tabung terbuka atau evaporator pipa terbuka. Masing-masing hanyalah sebuah pipa baja atau pipa tembaga,Evaporator ini juga disebut"permukaan utama". Pipa adalah satu-satunya permukaan yang digunakan untuk men-transfer panas.

Kumparan di sebelah kiri memiliki sirkulasi tunggal, sedangkan yang di sebelah kanan adalah multi sirkulasi kumparan ini didesain untuk menghemat ruangan,menyerderhanakan pipa tambahan ke kumparan dan mengurangi jumlah katup ekspansi yang dibutuhkan.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Evaporator Tabung terbuka


Evaporator tabung terbuka bekerja pada evaporator D-X dan evaporator basah. Evaporator ini paling sering digunakan pada sistem pendingin dimana suhu ruang dipertahankan di bawah 34°F. Dalam aplikasi tersebut suhu cairan jenuh dalam evaporator jauh di bawah 28°F yang merupakan jumlah suhu akan mengubah kondensasi uap pada bagian luar evaporator menjadi beku.

 

Dalam aplikasi ini dimana kekuatan menumpuk pada kumparan, namun desain tabung terbuka beroperasi secara efisien bahkan dengan akumulasi kekuatan kumparan. Hal ini juga mudah dibersihkan dan dicairkan. Secara alami evaporator, sirkulasi udara disebabkan oleh perbedaan bobot udara dingin dan udara hangat. Seperti udara hangat masuk dalam tabung evaporator mendingin sehingga menjadi lebih padat dan mulai jatuh.Kemudian Udara dingin kemudian bergerak keluar. 

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Sirkulasi Udara Dingin dan Udara Hangat Dalam Evaporator

 

Evaporator tabung terbuka berdasarkan konstruksinyaDalam mengisi daerah sekitar tabung evaporator ini adalah proses yang relatif lambat dan membatasi kemampuan evaporator untuk menyerap panas dalam waktu singkat.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Konstruksi Evaporator Tabung Terbuka


Ini menunjukkan evaporator tabung terbuka yang dipasang di sistem pendingin udara. Gerakan cepat dari udara meningkatkan kapasitas kumparan dengan membawa  udara lebih banyak ke dalam tabung dengan permukaan pendingin dalam waktu yang lebih singkat. Jenis evaporator ini digunakan untuk ruangan yang didinginkan karena temperaturnya di bawah titik beku dan kecepatan udara yang tinggi dan tidak berbahaya. Alat ini menggunakan salah satu evaporator D-X atau evaporator basah pada sistem pendingin dan tergantung pada konstruksinya.

 

Kedua model baling-baling dan kipas sentripugal dari evaporator tabung terbuka memiliki daya kekuatan tabung evaporator yang tersedia. Diantaranya dipasang di langit-langit tabung.  Berbagai metode telah dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi evaporator tabung terbuka dengan meningkatkan jumlah luas permukaan yang bersentuhan dengan refrigeran. Pemotongan alur memanjang sepanjang bagian dalam atau di luar tabung. Evaporator tabung terbuka ini diproduksi dengan metode disebut "mempertinggi tabung". Kebanyakan evaporator tabung terbuka ini yang digunakan adalah desain mempertinggi tabung.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Desain Mempertinggi Evaporator Tabung Terbuka

 

2.        Finned-Tube Evaporator (Evaporator Tabung Bersirip)

Evaporator tabung bersirip adalah evaporator tabung terbuka  yang memiliki pelat logam tipis yang melekat ditabung dapat melilit ketabung seperti sirip yang ditunjukkan di sini atau biasa berbentuk persegi panjang. Jenis pertama disebut sirip melingkar (spiral) sedangkan yang kedua disebut pelat bersirip.

 

Sirip ini berguna untuk meningkatkan efisiensi perpindahan panas pada tabung kumparan dan efek daerah tabung kumparan meningkat. Tabung kumparan bersirip lebih kompak di bandingkan tabung kumparan terbuka diukur dengan kapasitasnya.Permukaan utama evaporator tabung bersirip memiliki ruang besar yang tidak tersentuh oleh kumparan. Evaporator tabung bersirip disisi lain menggunakan sirip untuk mencapai daerah-daerah tabung kumparan yang kosong dan untuk meningkatkan panas kembali ke tabung yang terpasang.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Evaporator Tabung Bersirip

 

Bahan yang digunakan evaporator tabung bersirip ini harus memiliki sirip yang menimbulkan panas yang baik seperti aluminium atau tembaga yang diikat ke tabung kumparan. Jarak antara sirip bervariasi dari 1 sampai 14 sirip per inci jika sirip cenderung terpisah jauh maka suhu kumparan semakin rendah. Kumparan AC berkisar dari 8 sampai 14 sirip per inci sedangkan kumparan pendinginan menggunakan 1 sampai 3 sirip per inci.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Kumparan Evaporator Tabung Bersirip


Secara alami evaporator tabung bersirip dimana udara dingin padat dari pada udara hangat sehingga jatuh tanpa bantuan kipas angin. Udara hangat masuk ke evaporator oleh karena itu kumparan dipasang secara vertikal di dinding atau horizontal tepat di bawah langit-langit ruang pendingin.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Sirkulasi Udara Dalam Evaporator Tabung Bersirip

 

Untuk meningkatkan kapasitas pendinginan cukup menambahkan sirip untuk tabung sehingga memaksa udara keluar yang ada diatasnya. Kedua metode tersebut memungkingkan jumlah besar panas yang diserap ke pipa evaporator. Evaporator tabung bersirip berdasarkan konstruksinya. 

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Meningkatkan Kapasitas Pendiginan Evaporator Tabung Bersirip

 

Evaporator tabung bersirip mempunyai kapasitas pendinginan yang sama. Biasanya pengurangan ukuran konstruksi untuk mengurangi biaya. Oleh karena itu, evaporator ini memberikan pendinginan yang lebih dibandingkan jenis evaporator yang lainnya.Karena bangunan dan ruang peralatan selalu di kurangi dan tidak cenderung menumpuk di evaporator, evaporator ini digunakan disebagian besar aplikasi AC. Hal ini baik untuk pasar dan perumahan komersial.

 

Evaporator rancang untuk debit udara bebas ke dalam ruangan cenderung meningkat dengan menggunakan kipas baling-baling, sedangkan yang terhubung ke sistem membutuhkan saluran kerja dengan menggunakan kipas sentrifugal.

 

3.        Plate-Surface Evaporator (Evaporator Pelat Permukaan Kumparan)

Evaporator pelat permukaan kumparan ini sama dengan evaporator tabung keluar atau juga disebut kumparan permukaan. Salah satu versi populer ditunjukkan di sini terbuat dari dua lembar logam datar. Salah satu memiliki bentuk tabung kumparan ditekan kedalamnya sementara yang lain adalah datar. Keduanya dilas bersama-sama untuk membentuk sebuah sirkuilasi dimana refrigeran berjalan. Evaporator pelat ini meningkatkan perpindahan panas di area permukaan kumparan tapi tidak sampai-sampai disirip. Jenis evaporator digunakan untuk lemari es dan freezer. 

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Evaporator Pelat Permukaan

 

Evaporator pelat permukaan ini cocok untuk memproduksi, mudah dibersihkan dan dicairkan, serta dengan mudah dibentuk sesuai dengan produk yang diinginkan. Hal ini sering digunakan untuk mendinginkan produk melalui kontak langsung karena kumparan pelat permukaan luar. Banyak sekali kumparan ini digunakan dalam pembekuan makanan. Hal ini juga cocok untuk sistem pendingin air dan sistem penyimpanan es seperti Freezer, pembekuan makanan, dan lemari es krim. Jenis evaporator ini mnggunakan sistem evaporator D-X dan Evaporator basah.

Penjelasan Lengkap Evaporator
Gambar Konstruksi Evaporator Pelat Permukaan

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Evaporator, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.