MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Analisis dan Dasar Identifikasi Perilaku Biaya, Klasifikasi Biaya, dan Metode Pemisahan Biaya Semivariabel

Penjelasan Lengkap Analisis dan Dasar Identifikasi Perilaku Biaya, Klasifikasi Biaya, dan Metode Pemisahan Biaya Semivariabel
Add Comments
11/03/2020

  

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

 

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas secara lengkap mengenai Analisis dan Dasar Identifikasi Perilaku Biaya, Klasifikasi Biaya, dan Metode Pemisahan Biaya Semivariabel. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Penjelasan Lengkap Analisis dan Dasar Identifikasi Perilaku Biaya, Klasifikasi Biaya, dan Metode Pemisahan Biaya Semivariabel
Analisis (Analytics)

PENGERTIAN & TUJUAN ANALISIS PERILAKU BIAYA

1.        Pengertian

Kalkulasi biaya dalam perusahaan yang sangat berguna dalam hal penentuan arah dan kebijakan yang akan diambil oleh manajemen.

 

2.        Tujuan

Analisis perilaku biaya dapat digunakan sebagai salah satu perangkat bagi manajemen untuk memprediksi biaya yang akan dikeluarkan di masa yang akan datang, menentukan besaran skema biaya beserta pendapatan, serta melakukan analisis sensitivitas.

 

 

DASAR IDENTIFIKASI PERILAKU BIAYA

1.        Biaya Tetap (Fixed Cost)

Jenis biaya ini tidak akan mengalami perubahan dalam jumlah totalnya (in total cost), seiring dengan naik turunnya produk yang dihasilkan atau aktivitas yang dilakukan sehubungan dengan proses manufaktur (cost driver).

 

2.        Biaya Variabel (Variable cost)

Jenis biaya ini akan mengalami perubahan dalam jumlah totalnya (in total cost), seiring dengan naik turunnya produk yang dihasilkan atau aktivitas yang dilakukan sehubungan dengan proses manufaktur (cost driver) dalam sebuah proporsi yang Sama.

 

3.        Semi Variable Cost

Biaya ini merupakan kelompok biaya dimana dalam satu item biaya, atas total biayanya sebagian merupakan unsur komponen biaya tetap (fixed costs) dan sebagian lagi merupakan unsur komponen biaya variabel (variable cost).

 

 

KLASIFIKASI BIAYA

1.        Biaya Produksi

Biaya Produksi, adalah biaya yang digunakan untuk proses produksi, seperti: Biaya bahan baku
langsung, tenaga kerja langsung, dan biayaoverhead pabrik.

 

2.        Biaya Non Produksi

Biaya Non Produksi, adalah biaya yang tidak berhubungan secara langsung dengan proses produksi, seperti: biaya pemasaran, biaya administrasi,dan biaya kuangan.

 

 

METODE PEMISAHAN BIAYA SEMIVARIABEL MENJADI BIAYA TETAP DAN BIAYA VARIABEL

Menurut Bustami dan Nurlela (2013:28), Metode Tertinggi dan Terendah atau metode dua titik (two
point method), perhitungannya dilakukan dengan cara memilih dan membandingkan dua titik berbeda yaitu titik periode dan aktivitas tertinggi dan terendah.

 

Menurut Bustami dan Nurlela (2013:28), Metode Scattergraph, perhitungannya menggunakan seluruh
data yang tersedia sebagai acuannya, dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen
pada sumbu y sebagai biaya yang dianalisis dan variabel independen pada sumbu x sebagai aktivitas
terkait.

 

Menurut Bustami dan Nurlela (2013:28), Metodeanalisis regresi (least squares method), perhitungannya menggunakan persamaan matematisyang menunjukkan keterkaitan antara biaya dengan volume.

 

Persamaannya menggunakan garis lurus yaitu: y = a + bx, dimana y sebagai variabel dependen (biaya) yaitu variabel yang perubahannya dipengaruhi oleh variabel x, dimana x menunjukkan volume
kegiatan, dan a merupakan unsur biaya tetap sedangkan b yaitu unsur dari biaya variabel.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Analisis dan Dasar Identifikasi Perilaku Biaya, Klasifikasi Biaya, dan Metode Pemisahan Biaya Semivariabel, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.