MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T

Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T
Add Comments
12/29/2020



 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Cara Mengatasi Perdarahan Dengan Metode T.E.T. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Perdarahan besar dapat terjadi kapan saja. Seseorang dapat saja syok dan meninggal apabila perdarahan tidak segera dihentikan dan ditangani dengan TEPAT dan CEPAT. Skill dasar ini harus kamu pahami.


Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T
Pendarahan

 

Siapa yang mau berdarah-darah? tentu saja tidak ada. Akan tetapi, kesialan dapat saja terjadi tanpa kita sadari. Ada saja hal-hal tak terduga yang terjadi kapanpun, di manapun, dan pada siapapun. Termasuk, kita sendiri atau keluarga Masyarakat millenial tentu harus siap dengan segala keadaan yang terjadi, termasuk apabila situasi berbahaya terjadi di hadapan kita. Perdarahan merupakan kondisi ketika darah keluar dari pembuluh darah dan menyebabkan seseorang kehilangan darah dari dalam tubuhnya Masalahnya, tidak semua perdarahan dapat terlihat. Pada artikel ini, akan dibahas perdarahan terbuka yang terlihat saja  Perdarahan terbuka, terbagi menjadi tiga, yaitu perdarahan kapiler, vena, dan arteri.


Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T


Kita perlu kritis dalam menyikapi perdarahan Pada perdarahan yg dapat membeku sendiri, seperti pada perdarahan kapiler misalnya, lecet, babras, dll.

 

Nah, perdarahan yang tidak dapat membeku sendiri, seperti pada tipe perdarahan arteri dan vena sehingga berisiko dan rentan untuk kehilangan darah secara masif yang dapat memicu syok, disebut sebagai Hemoragi. Apabila berhadapan dengan perdarahan besar, apa yang harus kita lakukan? Langkah awal adalah mengenali kondisi terlebih dahulu. Apakah perdarahan terjadi akibat cedera yang disengaja atau tidak disengaja? Kebanyakan hemoragi yang tidak disengaja terjadi akibat kecelakaan, baik lalu lintas maupun rumah tangga. Ingat prinsip pertolongan pertama, yaitu aman penolong terlebih dahulu Anggap semua cairan tubuh yang berasal dari korban itu infeksius yang dapat menularkan penyakit, termasuk darah. Lindungi diri sendiri apabila ingin menolong, sebelum turun menolong orang lain Prinsip ini terus diperhatikan hingga pertolongan selesai. Cuci tangan enam langkah sebelum menyentuh anggota tubuhmu, terutama area wajah (mulut, hidung, dan mata) serta area tubuhmu yang sedang luka.  Setelah, memastikan penolong, lingkungan, dan korban aman, saatnya memulai prosedur TET Apa itu TET? TET merupakan singkatan dari Tutup dan Tekan luka Elevasi Tekan titik tekan. "T" stands for Tekan Langkah pertama adalah tekan area luka. Berikan penekanan secara langsung 'tepat' di atas luka menggunakan telapak tanganmu dengan kain steril/bersih, tisu, kain, kaos, kasa, mitela, atau apapun sampai perdarahan berhenti.

 

Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T  Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T

Apabila pada penekanan pertama darah masih belum berhenti dan merembes hingga membasahi kain, jangan lepas kain tersebut. Kamu harus menambah kain baru dan menumpuknya tepat di atas kain yg merembes, kemudian tekan lagi Ulangi hingga perembesan berhenti Pinta orang lain untuk memanggil bantuan, telepon nomor darurat, mencari ambulan. Pada jenis luka tusuk atau benam, jangan melakukan penekanan tepat di atas luka! Dan jangan pernah mencabut objek yang menusuk korban. Objek tersebut sudah memblokade perdarahan dengan otomatis "E" stands for Elevasi Begitu luka telah ditutup dan ditekan, segera elevasi/angkat area luka lebih tinggi dari jantung. Apabila perdarahan terjadi pada ekstremitas/alat gerak (mis., lengan), angkat seperti pada gambar. Berlaku pula pada kaki.


Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T  Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T


Elevasi harus dilakukan bersamaan dengan Tutup dan Tekan. "T" stands for (tekan) Titik tekan Apabila perdarahan masih belum berhenti meskipun sudah kamu tekan secara lgsg (direct pressure) dan elevasi, langkah berikutnya adalah Tekan titik tekan (penekanan langsung pada arteri) PRESSURE POINTS for SEVERE BLEEDING Gambar di bawah ini adalah beberapa titik tekan yang dapat kita tekan pada perdarahan berat sebagai langkah terakhir arteri mana yang harus ditekan, bergantung pada lokasi luka/perdarahan dan posisi jantung.


Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T  Penjelasan Lengkap Cara Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Mengatasi Perdarahan dengan Metode T.E.T, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.