MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Mengenal Alat Ukur Kelistrikan - Osiloskop, Watt Jam / Watt Hour Meter, dan Megger

Mengenal Alat Ukur Kelistrikan - Osiloskop, Watt Jam / Watt Hour Meter, dan Megger
Add Comments
1/08/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Osiloskop, Wattjam / Watthour Meter, dan Megger (Alat Ukur Kelistrikan). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

A. OSILOSKOP


Mengenal Alat Ukur Kelistrikan - Osiloskop, Watt Jam / Watt Hour Meter, dan Megger
Osiloskop

Osiloskop adalah alat ukur elektronika yang berfungsi memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dan dipelajari. Osiloskop biasanya digunakan untuk mengamati bentuk gelombang yang tepat dari sinyal listrik. Selain amplitudo sinyal, osiloskop dapat mewujudkan distorsi, waktu anatar dua peristiwa dan waktu relatif dari dua sintyal terkait. Alat ukur ini dapat digunakan sebagai alat pengukuran rangkaian elektronika seperti TV, Radio dsb. Bentuk alat ini hampir sama dengan alat yang digunakan dirumah sakit di ruang operasi. Namun untuk yang ini ukuran nya kecil dari yang digunakan diruang operasi.

 

Oscilloscope terdiri dari tabung vacuum dengan sebuah cathode (electrode negative ) pada satu sisi yang menghasilkan pancaran electron dan sebuah anode ( electrode positive ) untuk mempercepat gerakannya sehingga jatuh tertuju pada layar tabung. Susunan ini disebut dengan electron gun.

 

Elektron-elektron disebut pancaran sinar katoda sebab mereka dibangkitkan oleh cathode dan ini menyebabkan oscilloscope disebut secara lengkap dengan cathode ray oscilloscope atau CRO.

 

 

B. WATTJAM / WATTHOUR METER


Mengenal Alat Ukur Kelistrikan - Osiloskop, Watt Jam / Watt Hour Meter, dan Megger
Watt Jam / Watt Hour Meter

Wattjam adalah alat ukur energi listrik. Wattjam (Wh = watt-hour) atau kilowatt-jam (kWh) sebetulnya alat ukur listrik yang banyak terpasang di setiap rumah. Kita sering salah memahami mengira bahwa alat ukur yang terpasang dirumah adalah alat ukur daya listrik. Padahal sebetulnya alat ukur listrik yang terpasang dirumah kita itu adalah Wattjam. Angka penunjuk pun menyatakan nilai energi listrik yang terpakai dalam rentang waktu tertentu.

 

 

C. MEGGER


Mengenal Alat Ukur Kelistrikan - Osiloskop, Watt Jam / Watt Hour Meter, dan Megger
Megger

Megger dipergunakan untuk mengukur tahanan isolasi dari alat-alat listrik maupun instalasi-instalasi.

Megger ini banyak digunakan petugas dalam mengukur tahanan isolasi antara lain untuk:

1.        Kabel instalasi pada rumah-rumah / bangunan.

2.        Kabel tegangan tinggi.

3.        Kabel tegangan rendah.

4.        Transformator.

5.        Dan peralatan listrik lainnya.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Osiloskop, Wattjam / Watthour Meter, dan Megger (Alat Ukur Kelistrikan), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.