MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Do'a Mustajab (Jenis Do’a yang Mustajab & Waktu-waktu Mustajab Berdo’a)

Penjelasan Lengkap Do'a Mustajab (Jenis Do’a yang Mustajab & Waktu-waktu Mustajab Berdo’a)
Add Comments
1/28/2021

Penjelasan Lengkap Do'a Mustajab (Jenis Do’a yang Mustajab & Waktu-waktu Mustajab Berdo’a)
Do'a Mustajab


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Do’a Mustajab. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Jenis Do’a yang Mustajab

1. Doa orang yang dizalimi

2. Doa orang yang berpergian

3. Doa orang tua kepada anaknya

 

"Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang berpergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya."

(HR. Ibnu Majah no.3862)

 

"Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang berpergian (safar) dan doa orang yang dizholimi."

(HR. Abu Daud no.1536)

 

 

Waktu-waktu Mustajab Berdo’a

1. Ketika adzan berkumandang

2. Antara adzan dan iqomah

3. Di hari Jumat

4. Sepertiga malam terakhir

5. Saat berbuka puasa

6. Saat hujan turun

 

"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: 'Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika, itu pasti diberikan apa yang ia minta'. "

(HR. Bukhari 935)

 

Doa di antara adzan dan iqomah tidak tertolak

(HR. Tirmidzi, 212)

 

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doa orang yang terzalimi"

(HR. Tirmidzi no.2528)

 

"Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun"

(HR. Al Hakim, 2534)

 

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu pada-Ku akan Kuberikan orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni."

(HR. Bukhari no.1145, Muslim no.758)

 

 

Mau doamu cepat terkabul?

 

Mau agar didoakan juga oleh malaikat?

 

Share kabaikan ini kepada saudara-saudaramu.

"Sesungguhnya Allah, malaikat dan para penghuni langit dan bumi, sampai seekor semut dan ikan di laut mendoakan yang mengajarkan kebaikan kepada manusia."

(HR. At-Tirmidzi dan dishahihkan al-Albani)

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Do’a Mustajab, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.