MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Ayo Kenali Sebab-sebab Penyakit Hati

Ayo Kenali Sebab-sebab Penyakit Hati
Add Comments
1/30/2021

Ayo Kenali Sebab-sebab Penyakit Hati
Penyakit Hati


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan Apa saja Sebab-sebab Penyakit Hati. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Hati yang ternoda akan semakin keras jika penyakit hati semakin banyak tertumpuk. Jika terlanjur mengeras, maka akan sulit bagi orang tersebut untuk menerima hidayah hingga sulit membedakan yang haq dan bathil.

 

Lalu apa saja sih penyebab terjadinya penyakit hati?

 

Di antara sebab-sebab penyakit hati adalah:

1. Abai Terhadap Ilmu Agama

Di antara ilmu agama terdapat ilmu aqidah yang menjadi dasar atas setiap sendi-sendi kehidupan kita. Jika pemahaman aqidah seseorang tak cukup kokoh, maka tak ayal jika hatinya rapuh sehingga mudah terjangkit sifat sombong, ujub, riya', bakhil, dan hasad.

 

2. Lalai Terhadap Dzikir

Hati yang tak disibukkan dengan dzikrullah akan rentan terjebak dalam hal-hal negatif, termasuk penyakit hati. Dzikir juga merupakan salah satu aktivitas sederhana nilai kebaikannya amat besar sehingga mampu membuat hati kembali jernih.

 

3. Berbuat Maksiat

Baik itu dosa besar maupun kecil, keduanya bisa meninggalkan noda di hati. Semakin banyak maksiat yang dilakukan, maka semakin banyak noda hitam yang akan menghalangi hati dari cahaya hidayah. Maka berhati-hatilah dalam berbuat dan mengendalikan setiap panca indera.

 

4. Terlalu Sibuk dengan Urusan Dunia

Seringkali aktivitas dunia membuat kita lalai terhadap hak-hak Allah. Padatnya aktivitas dunia kadang membuat kita mudah memberikan toleransi untuk "mendiskon" porsi ibadah kita. Entah itu terburu-buru dalam sholat, mengurangi porsi tilawah, dsb. Padahal, keseimbangan asupan dunia dan akhirat sangat penting untuk dijaga. Mengurangi porsi asupan akhirat pun tak lantas membuat urusan dunia kita lancar. Bukankah Allah yang Maha Memiliki waktu dan keberkahan di setiap detiknya?

 

Allahu a'lam bisshowwab

 

 

Demikian Artikel mengenai Ayo Kenali Sebab-sebab Penyakit Hati, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.