MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Cara Menjernihkan Air Keruh Secara Alami dan Menggunakan Bahan Kimia

Cara Menjernihkan Air Keruh Secara Alami dan Menggunakan Bahan Kimia
Add Comments
1/01/2021

  

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Cara Menjernihkan Air Keruh Secara Alami dan Menggunakan Bahan Kimia. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Cara Menjernihkan Air Keruh Secara Alami dan Menggunakan Bahan Kimia
Air Keruh dan Jernih


Pencemaran air dapat diketahui dari perubahan warna, bau, serta adanya kematian dari biota air, baik sebagian atau seluruhnya. Bahan polutan yang dapat menyebabkan polusi air antara lain limbah pabrik, detergen, pestisida, minyak, dan bahan organik yang berupa sisa-sisa organisme yang mengalami pembusukan. Demi menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik menggunakan air yang selalu jernih, Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat merekomendasi tingkat pH air minum yang aman dikonsumsi oleh manusia ada di kisaran pH 6,5 hingga pH 8,5. Berikut cara menjernihkan air keruh di rumah sendiri dengan cara sederhana berikut.

 

Menjernihkan Air Secara Alami

1.        Rebus Hingga Mendidih

Langkah satu ini merupakan langkah yang paling sederhana dan mudah, cukup merebus air hingga mendidih demi menciptakan air yang lebih jernih. Namun, jika terdapat pasir atau kotoran lainnya, kita tetap perlu menyaringnya terlebih dahulu.

 

2.        Metode Penyulingan

Cara berikut merupakan cara tradisional yang masih sering dilakukan. Hampir mirip seperti metode merebus air, namun metode ini berbeda pada penggunaan uap air dari hasil rebusan. Uap air hasil rebusan nantinya dialirkan pada tempat minum dan baru bisa dikonsumsi untuk berbagai kebutuhan.

 

3.        Metode Gravitasi

Metode ini biasanya dilakukan dalam aktivitas perkemahan. Praktiknya adalah dengan menggunakan potongan kain yang dicelupkan pada sebuah wadah berisi air yang akan dijernihkan. Letakkan wadah tersebut pada tempat yang tinggi dan biarkan kain menjuntai dari dalam wadah yang berisi air kotor menuju tempat penampungan air yang bersih.

 

Cara Menjernihkan Air dengan Bahan Kimia

1.        Gunakan Tablet Klorin

Tablet ini dapat diperoleh dimana saja, harganya pun cukup terjangkau. Cara penggunaannya adalah campurkan sebutir tablet klorin pada satu liter air, tunggu selama 30 menit-1 jam hingga tablet selesai bekerja dalam menjernihkan air. Tablet klorin tidak bisa menghilangkan kandungan kimiawi pada air, sehingga pastikan bahwa sumber air tanahmu tidak berbau kimia agar tablet dapat bekerja dengan optimal.

 

2.        Metode Bleach

Bleach merupakan larutan yang dapat membunuh kandungan virus dan bakteri dalam air. Gunakan dengan takaran yang sedikit saja untuk menghindari keracunan. Campurkan tiga tetes bleach ke dalam 1 liter air dan aduk hingga merata, kemudian diamkan selama 30 menit.

 

3.        Larutan Iodin

Larutan ini bekerja hampir sama dengan tablet klorin dalam menjernihkan air. Cukup campurkan empat tetes iodin pada 1 liter air, kemudian diamkan selama 30 menit.

 

 

Demikian Artikel mengenai Cara Menjernihkan Air Keruh Secara Alami dan Menggunakan Bahan Kimia, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.