MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Mari Siapkan Kain Kafan untuk Diri Sendiri - Pengingat Diri

Mari Siapkan Kain Kafan untuk Diri Sendiri - Pengingat Diri
Add Comments
2/13/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan mengingatkan mengenai Mari Siapkan Kain Kafan untuk Diri Sendiri - Pengingat Diri. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Mari Siapkan Kain Kafan untuk Diri Sendiri - Pengingat Diri
Simpan Kain Kafan di Lemarimu


PENGINGAT DIRI

 

"Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian)." HR. Tirmidzi

 

Dua bungkus kain kafan ini (untuk Ummi dan untuk Abi  sudah saya potong-potong sesuai ukuran tubuh kami masing-masing juga disertai potongan beberapa utas tali), disertai satu plastik besar berisi kain panjang beberapa lembar.

 

Kakak dan Adek (setelah mereka cukup besar) sudah pernah Ummi beritahu perihal ini, "Nak, jika qadarullah suatu saat maut menjemput Ummi atau Abi, kain kafan sudah Ummi siapkan di lemari", sambil menunjukkan tempatnya pada mereka.

 

Menyiapkan kain kafan untuk diri sendiri, membeli kainnya sendiri ke toko kain (harta berupa barang yang kita bawa saat kematian tiba hanyalah kain kafan, dan diutamakan untuk membeli kain kafan dari harta si mayit), memilih kain yang tidak terlalu tipis, memotong-motongnya sesuai keperluan dan ukuran tubuh, membuat potongan kerah untuk kain yg menyerupai gamis/jubah, menjahit jelujur kain yang di model jilbab lalu memasukkan tali pengikatnya, membuat potongan untuk kain cawat dan lain sebagainya - saya teringat betapa hikmat suasana hati saya saat itu.

 

Setelah selesai saya menaruhnya di lemari pakaian kami yang setiap kali membuka lemari untuk mengambil pakaian maka kain kafan ini selalu terlihat.

 

Dunia begitu melalaikan. Kenikmatan hidup, kesenangan, kesibukan dengan pekerjaan, dan sebagainya seringkali menyita waktu dan membuat kita lalai beribadah dan lupa mengingat mati.

 

Kita sibuk mencari uang dengan alasan untuk membahagiakan keluarga namun terjerat untuk menumpuknya semakin tinggi dan lupa menyiapkan tabungan untuk hari akhir dan lupa bahwa tugas utama kita sebagai Ayah dan Ibu adalah mendidik anak-anak agar tumbuh shalih shalihah, membersamai mereka, membangun kedekatan emosional, menguatkan cinta, membuat sebanyak-banyaknya kenangan indah bersama mereka.

 

Karena saat kita meninggalkan dunia ini, rekan kerja, sahabat, tetangga sangat mungkin hanya mendoakan kita di "hari itu" saja, namun pasangan hidup, anak-anak, keluarga kita merekalah yang akan selalu ingat untuk mendoakan kita setiap saat dan setiap harinya.

 

Sebagai manusia tentu kita sadar bahwa kapan, dimana dan bagaimana kematian itu datang adalah masih rahasia Allah, kamipun tidak tahu apakah kain kafan ini yang akan kami gunakan nantinya, namun setidaknya kami berikhtiar dan meniatkan ini sebagai salah satu bentuk ibadah kepada Allah untuk lebih sering mengingat kematian.

 

Jikapun qadarullah kain kafan ini yang nanti akan kami gunakan, inshaaAllah semoga dengan sudah mempersiapkannya akan memudahkan anak-anak dan kerabat dalam mengurus jenazah kami nantinya.

 

Wallahu a'lam.

 

Baarakallahu fiik

 

 

Demikian Artikel mengenai Mari Siapkan Kain Kafan untuk Diri Sendiri - Pengingat Diri, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.